EDUKASI LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BERWIRAUSAHA BAGI REMAJA

Pada hari Sabtu-Senin, tanggal 11-13 Maret 2023 bertempat di SMP Muhammadiyah Daarul Arqam, Klaten, Kelompok 3 Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Sastra Inggris, UIN Raden Mas Said Surakarta, yang diketuai oleh Hidayatul Nurjanah, M.A. serta  beranggotakan Dr. Nur Asiyah, M.A., Robith Khoiril Umam, M.Hum., dan Muhammad Rizal, M.A., melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dengan tema Edukasi Literasi Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Berwirausaha bagi Remaja yang diikuti sebanyak 24 peserta

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi digital dan meningkatkan produktivitas berwirausaha kepada anak-anak dan remaja. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan para remaja, khususnya siswa-siswa sekolah, dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sekaligus memperoleh pendapatan finansial sehingga bisa mandiri dan mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat, terutama dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Kegiatan pengabdian ini berlangsung dalam empat tahap pelaksanaan, meliputi observasi dan interview, persiapan materi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pertama, tim pengabdian melakukan kunjungan ke sekolah untuk melakukan observasi dan interview. Dari tahapan ini, diketahui bahwa sebagian besar para siswa cenderung menggunakan internet dan media sosial untuk hiburan dan kesenangan semata. Dengan kata lain, mereka belum memanfaatkan internet dan media social untuk keperluan bisnis. Pada tahap kedua, yaitu persiapan materi, diadakan pertemuan untuk membahas materi pelatihan. Keputusan yang diambil berupa diselenggarakannya pelatihan yang terdiri dari dua sesi, yang pertama bertema Literasi Digital, dengan narasumber bapak Robith Khoiril Umam,, M.Hum, sedangkan sesi kedua temanya beupa Berwirausaha di Era Digital yng disampaikan oleh Bp. Muhammad Rizal, M.A.

Tahap ketiga yaitu pelaksanaan. Tim PKM melakukan pelatihan di sekolah menggunakan tema yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pada tahap ini, para murid juga diajak untuk belajar melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema yang telah tim tentukan dan juga diberikan kesempatan untuk praktik bisnis secara langsung dan mengaplikasikan berbagai aplikasi bisnis online. Pada tahap terakhir, yaitu evaluasi. Tim melakukan evaluasi ke sekolah dan mendapatkan hasil bahwa mayoritas siswa merasa Sangat Setuju (SA: Skala Linkert) bahwa program pelatihan literasi digital dan berwirasusaha menggunakan internet dan media sosial sangat membantu mereka untuk memulai bisnis dan memotivasi untuk mandiri dengan menggunakan teknologi digital.

Hasil dari PKM ini dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan literasi digital dan produktivitas usaha remaja, terdapat lima poin yaitu; pertama, meningkatkan pengetahuan literasi digital dan pemanfaatannya. Kedua, mengatur jadwal target individu atau bisnis. Ketiga, mempelajari lebih dalam strategi produk dan pemasaran. Keempat, memperbarui dan mengeskalasi informasi baru setiap hari. Kelima, menemukan jaringan untuk meningkatkan penyebaran komunikasi mereka. Terakhir, percaya diri dan mandiri, terutama dalam kehidupan finansial.