Masih lemahnya kemampuan mahasiswa dalam penguasaan keterampilan berbahasa Inggris mendorong Jurusan Sastra Inggris untuk menyelenggarakan program penguatan jurusan dalam bentuk klub-klub atau kelompok belajar

keterampilan berbahasa Inggris (English skills). Selengkapnya terdapat empat klub English skills meliputi: Grammar Club, Speaking Club, Reading Club, dan Writing Club.

Kelompok-kelompok belajar ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti kekurangan kompetensi mahasiswa yang terlihat pada akreditasi jurusan Sastra Inggris pada Oktober 2013 dan bertujuan untuk memberikan exposure kepada seluruh mahasiswa Jurusan Sastra Inggris sehingga mereka memiliki kompetensi kebahasaan yang mumpuni sehingga bisa menjadi bekal bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.

Kegiatan penguatan jurusan ini telah dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2013/2014 dan difasilitasi oleh dosen jurusan, baik dosen tetap maupun dosen luar biasa. Masing-masing klub menyelenggarakan 12 kali tatap muka.

Grammar Club ditujukan untuk mahasiswa semester II, terdiri dari dua kelas paralel. dan diampu oleh Umi Pujiyanti, M.Hum/Fatkhunnaimah RZ, M.Hum dan Lilik Untari, M.Hum/SF Lukfianka Sanjaya, M.Hum. Sementara itu untuk Speaking Club difasilitasi oleh SF Luthfie Arguby P. M.Hum dan diikuti oleh satu kelas mahasiswa semester VI. Kemudian untuk Reading Club yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester IV diampu oleh Nur Asiyah, MA dan Kurniawan, M.Hum, sedangkan Writing Club ditangani oleh M. Zainal Muttaqien, M.Hum dengan peserta mahasiswa semester VI. Baik Reading maupun Writing Club masing-masing hanya terdiri dari satu kelas.

Permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan penguatan jurusan ini di antaranya adalah ketidaksesuaian jadwal antara dosen dan mahasiswa, tidak tersedianya ruang untuk perkuliahan/tatap muka.  Permasalahan-permasalahan ini sudah diatasi dengan penggantian hari atau jam tatap muka dan pelaksaanaan tatap muka di luar kelas (outdoor). Adapun, hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan ini berupa peningkatan keterampilan mahasiswa dalam berbahasa Inggris meliputi grammar (tat bahasa), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis) yang ditunjukkan dengan hasil tes akhir pada masing-masing kelompok belajar.