Sukses tanamkan cinta sholawat kepada mahasiswa, fakultas Adab dan Bahasa mengadakan sholawat untuk memperingati maulid dan hari Santri Nasional

Sukoharjo, (17/10/2022) berlokasi di lantai 4 gedung Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta, sejumlah mahasiswa mengadakan sholawat bersama, guna memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dan peringatan hari santri Nasional. Dekan fakultas Adab dan Bahasa Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Pd. menyampaikan dalam sambutanya

“Kegiatan FAB bersholawat ini peringatan dua hal sekaligus, karena memiliki karakter yang sama, peringatan maulid Nabi merupakan bentuk cinta kita kepada Nabi sedangkan peringatan hari santri merupakan cinta  kita terhadap NKRI jadi dua hal ini seiring dan seirama.”

Lebih lanjut beliau membacakan hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Hibban :

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

yang artinya: “Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (HR Hibban).

Menurutnya makna “Bii” dalam hadits ini memiliki banyak penafsiran bisa memiliki makna dekat dengan saya (Nabi), yang layak dengan Syafaat saya(Nabi). Begitu tingganya derajat Nabi Muhammad SAW sehingga nama beliau disandingkan dalam dua kalimat syahadat, yang apabila kita tidak menyebut nama Muhammad tidak sah sahadat kita.

Grup sholawat yang memeriahkan acara ini berasal dari mahasiswa Fakultas adab dan Bahasa, Fakultas ini memiliki Grup seni haraktuna yang berfokus pada seni sholawat kontemporer. Grup sholawat Harakatuna merupakan salah satu LSO dari beberapa LSO yang ada di Fakultas Adab dan Bahasa, selain harakatuna ada LSO Pandawa yang bergerak dalam bidang literasi dan pers mahasiswa, kemudian ada LSO Relasi yang bergerak dalam bidang kebahasaan dan riset tingkat mahasiswa dan terakhir LSO Tentacle yang bergerak dalam bidang seni drama dengan menggunakan bahasa Inggris.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa saja namun turut hadir pula dosen dan tenaga kependidikan yang ada di lingkungan Fakultas Adab dan Bahasa, kemudian acara dilanjutkan dengan Mau’idloh Hasanah yang disampaikan oleh KH.Dr. Abdullah Faisal, M.Hum. Ketua Umum Majelis Ulama’ Indonesia Kabupaten Sukoharjo yang merupakan dosen juga di Fakultas Adab dan Bahasa. Beliau sendiri mengangkat tema sejarah maulid Nabi Muhammad, beliau juga mengisahkan bagaimana pertemuan kedua orangtua Nabi Muhammad SAW serta keajabian yang terjadi tatkala Halimah As-Sa’diyah pertamakali menjadi ibu susu Baginda Nabi Muhammad SAW, terakhir acara yang dibuka Ba’da Isa ini di tutup dengan Doa.

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/IKO1nZXGmak?controls=0&amp;start=5544″ title=”YouTube video player” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>