Pengabdian Kepada Masyarakat Bahasa dan Sastra Arab di Masa Pandemi (Pembuatan Profil Madrasah di MTs Ma’arif Darul Hasan Polokarto)

[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.0.11″][et_pb_row _builder_version=”4.0.11″][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.0.11″][et_pb_text _builder_version=”4.0.11″]

Sabtu (19/09) prodi bahasa dan sastra Arab IAIN Surakarta mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di MTs Ma’arif Darul Hasan Polokarto dengan mengusung tema “Pendampingan Pembuatan Web Profil Madrasah Berbahasa Arab Media Sosialisasi di Era Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini dihadiri oleh para guru dari beberapa madrasah di bawah LP Ma’arif Sukoharjo yaitu MTs Ma’arif Darul Hasan Polokarto, MIW Jagan, MIW Manisharjo, MIW Cabean dan MI Nurul Huda Kemasan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para guru dalam pembuatan website sebagai salah satu media sosialisasi yang efektif di masa pandemi covid-19.

Sesuai dengan tradisi madrasah di bawah LP Ma’arif Sukoharjo, kegiatan ini dibuka dengan dzikir dan tahlil. Kemudian dilanjut dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu guru MTs Ma’arif Darul Hasan. Dengan pembacaan dzikir tahlil dan ayat suci Al-Qur’an, kegiatan ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row column_structure=”1_2,1_2″ _builder_version=”4.0.11″][et_pb_column type=”1_2″ _builder_version=”4.0.11″][et_pb_image src=”https://fab.iain-surakarta.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/WhatsApp-Image-2020-09-21-at-11.36.58-AM.jpeg” _builder_version=”4.0.11″][/et_pb_image][/et_pb_column][et_pb_column type=”1_2″ _builder_version=”4.0.11″][et_pb_image src=”https://fab.iain-surakarta.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/WhatsApp-Image-2020-09-21-at-11.36.59-AM.jpeg” _builder_version=”4.0.11″][/et_pb_image][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row _builder_version=”4.0.11″][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.0.11″][et_pb_text _builder_version=”4.0.11″]

Ibu Dr. Hj. Hafidah, M.Ag sebagai pengurus LP Ma’arif Sukoharjo memberikan sambutan bahwa kegiatan pengabdian semacam ini perlu didukung dan dikembangkan, karena banyak madrasah di bawah LP Ma’arif belum mempunyai web sebagai sarana publikasi dan sosialisasi kegiatan. Sehingga dari kegiatan ini diharapkan setiap madrasah mempunyai web sendiri.

Selanjutnya Muhammad Nur Kholis sebagai perwakilan dari BSA IAIN Surakarta mengucapkan banyak terimakasih kepada LP Ma’arif Sukoharjo yang memberikan kesempatan untuk mengabdi pada lembaga madrasah di bawahnya. Dan menjelaskan bahwa pengabdian dengan tema Pendampingan Pembuatan profil madrasah ini merupakan perwujudan dari salah satu mata kuliah yang ada yaitu literasi digital.

Selanjutnya kegiatan diisi penyampaian materi oleh team PkM BSA IAIN Surakarta. Mulai dari langkah pembuatan web madrasah dengan menggunakan situs yang disediakan oleh google yaitu Google Site sampai pada pembuatan web pembelajaran. Dan ditutup dengan cara menjadikan web menjadi aplikasi android. Kegiatan inipun berjalan dengan baik dan lancar sampai akhir. (MSI)

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row _builder_version=”4.0.11″][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.0.11″][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]