Surakarta – Dalam rangka memenuhi tugas dari mata kuliah Seni Tari dan Drama di Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (PIAUD FITK), mahasiswa Semester 4¬† PIAUD adakan kegiatan Opera Anak dengan mengangkat tema “Pesona Anak Indonesia” (Jumat, 11/5). Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan mahasiswa PIAUD Semester 4 dengan merangkul rekan Himpunan Mahasiswa Jurusan PIAUD.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Graha IAIN Surakarta tersebut menampilkan pertunjukan seni tari dan drama dari 9 kelompok Taman Kanak-kanak yang terdiri seluruhnya 250 anak. 9 Kelompok tersebut merupakan hasil kerjasama Taman Kanak-kanak dengan 9 kelompok mahasiswa PIAUD. Penampilan tiap kelompok berbeda-beda sesuai kreatifitas masing-masing kelompok mahasiswa. Selain pentas seni tari dan drama anak-anak Taman Kanak, acara tersebut juga menampilkan produk karya seni mahasiswa

Pembukaan acara kegiatan dibuka secara langsung oleh Dekan FITK ditandai penyerahan piagam penghargaan untuk masing-masing kelompok Taman Kanak-kanak. Kegiatan tersebut dihadiri oleh deretan dosen PIAUD FITK dan tak lupa juga tamu dari luar yang hendak melihat penampilan pentas anak TK sebanyak lebih dari 350 orang.

Menurut¬†Tri Utami, M.Pd.I., dosen pengampu mata kuliah Seni Tari dan Drama FITK, kegiatan ini seluruhnya merupakan hasil karya kreatifitas mahasiswa semester 4 PIAUD. Dimulai dari mencari ide, membuat kreasi tarian dan drama serta mencari rekan Taman Kanak-kanak yang akan diajak kerjasama hingga persiapan pentas Opera Anak seluruhnya dipersiapkan secara mandiri oleh mahasiswa. “Dibandingkan dengan tahun lalu pentas seni tari dan drama dilakukan hanya oleh mahasiswa sendiri, sekarang saya minta diterapkan ke anak-anak TK,” jelas beliau ketika ditemui disela-sela acara. “Saya dari awal hanya memantau perjalanan kegiatan mereka. Saya memberi keleluasaan berkreatifitas. Alhamdulillah sampai acara opera ini terselenggara, semuanya berjalan lancar,” tuturnya.