Sampul Leksema 5.2

Alhamdulillaahirabbil‘alamin … Bersamaan dengan berakhirnya tahun 2020, tepatnya hari Kamis, tanggal 31 Desember, Leksema: Jurnal Bahasa dan Sastra edisi Volume 5 Nomor 2 telah berhasil dipublikasikan dengan tepat waktu. Sebagaimana edisi-edisi sebelumnya, pada nomor ini disajikan delapan artikel ilmiah hasil karya akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, yaitu dari Jakarta dan Jogjakarta masing-masing sebanyak dua artikel, kemudian dari Surakarta, Bandung, Purwokerto, dan Malang masing-masing satu artikel. Sementara itu, apabila dilihat dari bidang keilmuan, terbitan kali ini didominasi hasil penelitian atau pengkajian dari bidang ilmu sastra dengan jumlah artikel sebanyak empat buah. Kemudian sisanya dari bidang linguistik dan pendidikan bahasa/sastra masing-masing  tiga dan satu artikel.

Tiga artikel bidang kebahasaan, berturut-turut membahas mengenai kesalahan tata bahasa, pelanggaran maksim, dan eufemisme. Kemudian, empat artikel bidang sastra mengetengahkan topik writer’s block, misoginisme, ekokritisisme, dan adaptasi certa rakyat. Sementara itu, satu-satunya artikel bidang pengajaran bahasa menyoroti tip of the tongue pada mahasiswa BIPA. Kedelapan artikel ini selengkapnya dapat dibaca dan diunduh melalui tautan:

http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/leksema/issue/view/161

Publikasi artikel-artikel ini diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan  ilmu, khususnya ilmu bahasa dan sastra berikut pengajarannya. Kami mengundang para pakar, akademisi, praktisi, dan siapa pun yang tertarik untuk mengembangkan ilmu bahasa dan sastra untuk  ikut menyebarluaskan pemikiran, gagasan, dan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel di jurnal ini. Atas nama pengelola, kami juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tigginya kepada penulis, mitra bebestari, penyunting dan pihak lain yang telah ikut beRperan serta dalam proses penerbitan jurnal ini. Insyaallah, ini semua akan menjadi amalan baik dan mendapatkan balasan yang sepadan dari Allah Subhanahu wa ta’aala. Aamiin. (MZM/WMM/MSI)