Philipina (18/11) BIPA UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kunjungan dalam rangka Capacity Building untuk guru dan siswa di Sekolah Indonesia Davao. Agenda tersebut sekaligus membicarakan upaya jalinan kerja sama antara UIN Raden Mas Said Surakarta dengan kedutaan Indonesia di Davao dengan upaya bentuk kerjasama dan penjaringan mahasiswa asing untuk bisa masuk menjadi mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta. Kegiatan tersebut merupakan proses tindak lanjut adanya pertemuan daring pihak Konjen KBRI Davao dengan BIPA UIN Raden Mas Said Surakarta dalam upaya penjaringan minat mahasiswa asing.  Kedatangan perwakilan UIN yang terdiri dari Dr. Supandi, M.Ag, Dr. Siti Isnaniah, M.Pd dan Elen Inderasari, M.Pd. disambut baik oleh bidang bagian Politik Budaya Ibu Heny di kantor konsulat jenderal perwakilan Indonesia di Davao City.

            Kegiatan Capacity Building hari keduadilaksanakan dengan dua model kelompok yaitu untuk guru dan siswa. Kegiatan untuk guru berkenaan masalah manajemen pembelajaran dengan kaitannya bagi penutur asing serta dalam ranah peningkatan kompetensi guru-guru Indonesia yang ada di luar negeri di sampaikan oleh Dr. Supandi, M.Ag. dan Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan guru di Davao dalam keterampilan tulis dan publikasi karya ilmiah.

Selain mengisi materi Capacity Building di Sekolah Indonesia Davao,  BIPA UIN Raden Mas Said Surakarta menyempatkan silaturahmi pertemuan di KBRI Manila. Kedatangan terjadwal oleh Embbassy pukul 09.00 waktu setempat. Silaturahmi tersebut disambut oleh Prof Dwi Palupi selaku Atdikbud KBRI di Manila. Pertemuan ini mendiskusikan tentang jaringan upaya kerjasama dalam ranah pengajar BIPA UIN RMS di Philipina serta adanya penyikapan regulasi kebijakan MoU yang dikeluarkan oleh Kemenlu terkait aturan terbaru masalah MoU harus di bawah Kemenlu. Pola jaringan pengajaran BIPA serta pola mahasiswa asing yang tertarik untuk kuliah di Indonesia semua terkoneksi melalui jaringan informasi di KBRI bagian pendidikan.  Acara silaturahmi upaya kerjasama dengan KBRI dalam lingkup tri darma perguruan tinggi disambut baik oleh Prof. Palupi. Acara ini selesai pukul 15.00 waktu Manila. Dilanjutkan dengan perjalanan ke Bandara manila untuk penerbangan  pukul 21.00 Waktu setempat.  Pukul 16.00 tiba di bandara check in dan lanjut urus di bagian imigrasi Philipina. Penerbangan boarding pukul 20.00 waktu setempat.