SEJARAH
Madrasah di tingkat dasar perlunya eksistensi, artinya keberadaan madrasah ibtidaiyah perlu diperhatikan terutama dalam peningkatan karakter bangsa di tingkat pendidikan dasar. Sehingga tidak terdapat dualisme pemaknaan terhadap Madrasah Ibtidaiyah. Di satu sisi, Madrasah Ibtidaiyah memiliki muatan secara kurikulum yang relatif sama dengan sekolah umum. Dengan pertimbangan diatas, perlunya alasan sebagai berikut :
- Perlunya LPTK menyelenggarakan pendidikan untuk memperhatikan persiapan SDM (calon pendidik di tingkat MI) sebagai penunjang pendidikan yang dibutuhkan di Madrasah Ibtidaiyah.
- Merancang pola peningkatan di LPTK pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah yaitu guru dalam rangka menyediakan tenaga guru yang memenuhi standar, kualifikasi, dan kompetensi di bidang pendidikan, serta berdedikasi tinggi.
- Tidak ada dikotomi antara pendidikan umum dengan madrasah.
Institut Agama Islam Negeri Surakarta untuk itu membuka Jurusan PGMI yang berdasarkan ijin yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor: 1464 tahun 2014 tanggal 13 Maret 2014. Dengan Ketua Jurusan Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag dan Sekretaris Jurusan Suyatman, M.Pd dipilih berdasarkan rapat senat FITK IAIN Surakarta
VISI
Menjadi program studi yang unggul di tingkat ASEAN pada tahun 2024 dalam mengembangkan keilmuan bidang pendidikan dan ke-Islaman pada Madrasah Ibtidaiyah yang beraqidah kuat, profesional, dan berakhlak mulia.
KEJELASAN VISI
- Unggul: Sebagai rujukan dan pilihan pertama dalam mencetak calon guru MI di tingkat ASEAN.
- Berakidah Kuat: Mahasiswa mendapat fondasi yang kuat tentang konsep-konsep religiusitas dan selalu memiliki ketetapan berpikir yang positif, jujur, mandiri, dan iman yang kokoh.
- Profesional: Lulusan Prodi PGMI IAIN Surakarta memiliki kompetensi sebagai guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis IT.
- Berakhlak mulia: Prodi PGMI IAIN Surakarta mencetak guru MI yang berkarakter dan berperilaku mulia, berbudaya serta menjunjung tinggi kearifan lokal sehingga mampu menjadi model perilaku yang dikagumi dan dihormati oleh peserta didiknya.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkarakter Islam, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi kebutuhan calon guru pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
- Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu kependidikan dan ke-Islaman pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk penerapan ilmu kependidikan dan ke-Islaman pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah.
- Membentuk lingkungan akademik yang berbudaya Islami.
TUJUAN
- Menghasilkan calon guru MI yang unggul, kompetitif, dan profesional; memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
- Menghasilkan penelitian bidang ilmu kependidikan dan ke-Islaman tingkat pendidikan dasar yang dapat diaplikasikan untuk pengembangan Prodi dan dapat dimanfaatkan masyarakat.
- Menghasilkan karya pengabdian untuk tercapainya kualitas pembelajaran yang inovatif yang diterapkan para guru MI baik dari aspek penguatan materi ke MI an maupun pendidikan ke MI an.
- Terciptanya suasana interaksi akademik yang Islami yang mendukung pembentukan kompetensi kepribadian, pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
PROFILE LULUSAN
- Profil Lulusan Utama:
Menjadi Calon Guru Kelas MI yang unggul, kompetitif, dan profesional; memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
- Profil Lulusan Tambahan:
- Menjadi Pelatih (Triner) pengembangan Materi Pendidikan MI
- Menjadi Enterpreneur di bidang Pendidikan MI
KURIKULUM
Smt | Kode MK | Nama Mata Kuliah* | Bobot sks | Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara | |
(1) | (2) | (3) | (4) | (11) | |
I | INS202 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | IAIN | |
INS209 | Bahasa Indonesia | 2 | IAIN | ||
INS204 | Islam dan Budaya Jawa | 2 | IAIN | ||
INS208 | Filsafat Ilmu | 2 | IAIN | ||
INS205 | Ilmu Kalam | 2 | IAIN | ||
PGMI201 | Psikologi Pendidikan | 2 | PRODI PGMI | ||
INS203 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | IAIN | ||
FITK207 | Al-Qur’an | 2 | FITK | ||
PGMI236 | Aplikasi Komputer MI | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI259 | Pendidikan Jasmani & Kesehatan | 2 | PRODI PGMI | ||
II | INS201 | Pancasila | 2 | IAIN | |
INS206 | Akhlak Tasawwuf | 2 | IAIN | ||
FITK203 | Fiqih | 2 | FITK | ||
FITK208 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | FITK | ||
FITK 202 | Hadits | 2 | FITK | ||
PGMI210 | Konsep Dasar IPS I | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI212 | Konsep Dasar Matematika I | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI214 | Konsep Dasar IPA I | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI208 | Bimbingan Konseling | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI234 | Pendidikan Kepramukaan | 2 | PRODI PGMI | ||
III | INS 207 | Metodologi Studi Islam | 2 | IAIN | |
PGMI413 | Konsep Dasar Matematika II | 4 | PRODI PGMI | ||
FITK204 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 | FITK | ||
PGMI415 | Konsep Dasar IPA II | 4 | PRODI PGMI | ||
PGMI411 | Konsep Dasar IPS II | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI216 | Konsep Dasar PPKn | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI217 | Konsep Dasar B. Indonesia | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI202 | Metodologi Pembelajaran | 2 | PRODI PGMI | ||
IV | PGMI220 | Matematika MI | 2 | PRODI PGMI | |
PGMI221 | IPA MI | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI219 | IPS MI | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI206 | Pengembangan dan Analisis Kurikulum MI | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI209 | Evaluasi Pembelajaran | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI204 | Strategi Pembelajaran | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI418 | Seni Budaya dan Prakarya | 4 | PRODI PGMI | ||
PGMI222 | PPKn MI | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI223 | Bhs. Indonesia MI | 2 | PRODI PGMI | ||
FITK110 | Magang I | 1 | FITK | ||
V | PGMI250 | Manajemen Berbasis Madrasah | 2 | PRODI PGMI | |
PGMI205 | Media Pembelajaran | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI432 | Strategi Pembelajaran Matematika dan IPA MI | 4 | PRODI PGMI | ||
PGMI431 | Strategi Pembelajaran IPS dan PPKn MI | 4 | PRODI PGMI | ||
PGMI203 | Perencanaan Sistem Pembelajaran MI | 2 | PRODI PGMI | ||
FITK405 | Statistika Pendidikan | 4 | FITK | ||
PGMI233 | Strategi Pembelajaran B. Indonesia MI | 2 | PRODI PGMI | ||
FITK111 | Magang II | 1 | FITK | ||
VI | PGMI225 | Aqidah Akhlak MI | 2 | PRODI PGMI | |
FITK214 | Profesi Kependidikan | 2 | FITK | ||
PGMI229 | Pengembangan Bahan Ajar MI | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI224 | Al-Qur’an Hadis MI | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI228 | Bahasa Arab MI | 2 | PRODI PGMI | ||
FITK206 | Metodologi Penelitian | 4 | FITK | ||
FITK212 | Magang III | 2 | FITK | ||
FITK213 | Micro Teaching | 2 | FITK | ||
PGMI230 | Pembelajaran Tematik Integratif | 2 | PRODI PGMI | ||
VII | PGMI226 | Fiqih MI | 2 | PRODI PGMI | |
PGMI227 | SKI MI | 2 | PRODI PGMI | ||
INS210 | Kewirausahaan Islami | 2 | IAIN | ||
FITK418 | KKN | 4 | FITK | ||
PGMI237 | Pendalam IPA* | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI239 | Pendalaman Matematika* | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI247 | Pendalaman Bahasa Inggris* | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI241 | Pendalam IPS* | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI245 | Pendalaman Bahasa Arab* | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI249 | Praktek Seni Tari** | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI254 | Multimedia Animasi Pembelajaran MIPAdan IPS** | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI238 | Praktek Interpreneurship** | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI244 | Praktek Ketrampilan dan Kerajinan** | 2 | PRODI PGMI | ||
PGMI255 | Multimedia Animasi Pembelajaran Seni dan Bahasa** | 2 | PRODI PGMI | ||
VIII | INS412 | Skripsi | 6 | FITK | |
Total sks | 148 |
STRUKTUR ORGANISASI
Keterangan:
Ketua Prodi : Dr. Saiful Islam, M.Ag.
Sekretaris Prodi : Aly Mashar, S.Pd.I.,M.Hum.
Kord. Unit Praktikum : Suyatman, M.Pd.
Kord. Gugus Pengendalian Mutu : Suprapti, M.Pd.
Kord Unit Mata Kuliah : Ari Wibowo, M.Si.,M.Pd.
Kord Unit Kemahasiswaan dan Alumni : Hardi, M.Pd.
DOSEN
- Saiful Islam, M.Ag.
- Purwanto, M.Pd.
- Ari Wibowo, M.Si.,M.Pd.
- Suyatman, M.Pd.
- Hardi, M.Pd.
- Kustiarini, M.Pd.
- Pratiwi Rahmah Hakim, M.Pd.
- Umu Salamah, M.Pd.I.
- Suprapti, M.Pd.
FORUM ALUMNI
Alumni prodi PGMI terhimpun dalam wadah 4SILA PGMI IAINSKA, yaitu Forum Silaturahmi Alumni PGMI IAIN Surakarta. Forum ini dibentuk pada tanggal 5 Mei 2018.