Menjelang akhir tahun 2020, Dua Program Studi di Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) mendapatkan hasil akreditasi. Prodi Sejarah Peradaban Islam mendapatkan peringkat B dan Prodi Bahasa dan Sastra Arab mendapatkan peringkat A.

Link/ URL sertifikat akreditasi Prodi SPI dan BSA dapat dilihat disini: https://fab.iain-surakarta.ac.id/sk-akreditasi-prodi/ 

Dengan perolehan peringkat kedua Program Studi ini menunjukkan bahwa FAB betul-betul mengedepankan kualitas dalam setiap proses Tri Dharma Perguruan Tinggi dan hal ini merupakan komitmen bersama seluruh sivitas akademika FAB untuk selalu meningkatkan kualitas agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing sehingga bisa memberikan darma baktinya kepada bangsa dan negara.

Dua Program Studi tersebut mendapatkan visitasi secara daring oleh asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Visitasi terhadap Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) dilaksanakan tanggal 23-24 Nopember 2020 dengan asesor BAN-PT yang terdiri dari Prof Dr Herwandi M.Hum dan Dr  Noor Hasan M.Ag, Sedangkan Visitasi terhadap Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dilaksanakan tanggal 7-8 Desember 2020 dengan asesor BAN-PT yang terdiri dari Prof Dr Abdul Munip M.Ag dan Dr Helmi Syaifuddin M.Fil.I.

Assesment Lapangan (AL) daring pertama tersebut dalam rangka evaluasi secara berkala yang terus dilakukan Fakultas Adab dan Bahasa demi mempertahankan komitmen mutu Fakultas sesuai visi misi FAB. Sebelumnya, kedua program studi melakukan pengisian borang yang telah diberikan oleh BAN-PT.

Selama proses visitasi daring, asesor melakukan cross check lapangan secara daring terhadap pengisian borang dan berbagai aspek yang terdiri dari 7 standar. Aspek yang dinilai tersebut merupakan laporan dari program kegiatan program studi yang menjadi pertimbangan akreditasi kedua prodi tersebut.

Selamat untuk Prodi Sejarah Peradaban Islam dan Prodi Bahasa dan Sastra Arab!

(WMM/MSI)