Yogyakarta 18-20 Juli 2022, diselenggarakan acara Diskusi Ilmiah dan Rapat Kerja Nasional Pengurus Asosiasi Dosen Ilmu Perpustakaan Perguruan Tinggi Kegamaan Islam (ASDIP-PTKI). Acara berlangsung di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya (FADIB), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun dalam kegiatan tersebut Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta mendelegasikan dua dosen yaitu Sucipto, M.Hum selaku Koordinator Prodi IPII dan Mega Alif Marintan, M.Hum selaku dosen IPII. Acara tersebut dihadiri oleh dosen-dosen Ilmu Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia. Acara dibuka pada 18 Juli 2022 dengan ­opening speech oleh Dr. Muhammad Wildan, M.A selaku Dekan  FADIB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Prof. Dr. Nurdin Laugu, M.A selaku Ketua ASDIP-PTKI. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Ade Abdul Hak, S.Ag., S.S., M.Hum (Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) yang menyampaikan materi tentang “Kepustakawanan Profetik”. Kemudian Dr. Nurul Hak., S.Ag., M.Hum (Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) menyampaikan tentang “Perpustakaan dalam Perspektif Islam (Suatu Tinjauan Normatif Tekstual dan Historis Konstektual)”. Paparan terakhir disampaikan oleh Blasius Sudarsono (Kappa Sigma Kappa Indonesia) yang menyampaikan materi dengan tema “Menjalankan Tugas: Pemaknaan dan Penghayatan”.

ipii2

Acara dilanjutkan di hari kedua yaitu dengan pembahasan Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah tangga (AD/ART) ASDIP. Dalam pembahasan tersebut berhasil dirumukan bersama AD/ART ASDIP. Selanjutnya pembahasan dilanjutkan dengan penyampaian persiapan dan langkah-langkah akreditasi Prodi Ilmu Perpustakaan oleh Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., S.S., M.Si selaku asesor Badan Akreditasu Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prodi Ilmu Perpustakaan. Acara penutup di hari kedua yaitu pembahasan terkait website ASDIP sebagai representasi ASDIP PTKI.

ipii 3

Acara hari terakhir yaitu pembahasan bentuk kerjasama antar Prodi di bawah ASDIP-PTKI. Bentuk kerjasama berhasil dirumuskan bersama dan disepakati untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti. Adapun dalam hal ini Koordinator Prodi IPII, FAB, UIN Raden Mas Said Surakarta yaitu Sucipto, M.Hum yang mewakili dan menandatangani naskah kerjasama. Semoga melalui acara ini kedepan Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam FAB UIN Raden Mas Said Surakarta dapat turut serta membangun dan memajukan bidang Ilmu Perpustakaan baik di tingkat nasional maupun internasional.