WORKSHOP ANALISIS DATA KUALITATIF DENGAN NVIVO PRODI PBI SEBAGAI BENTUK INOVASI BIDANG KEILMUAN

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Raden Mas Said Surakarta kembali mengadakan workshop yang bertempat di Fakultas Adab dan Bahasa tepatnya di ruang kelas P.2.3. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 19 April 2022 yang dimulai pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai. Workshop kali ini memiliki tema “Analisis Data Kualitatif dengan NVIVO” yang diikuti oleh bapak ibu dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai pesertanya.

Workshop ini dibuka secara langsung oleh Koordinator Prodi PBI Wildan Mahir Muttaqin, MA TESL. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa tidak lama lagi akan diselenggarakan akreditasi terhadap Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris serta bapak ibu dosen diminta untuk memberikan perhatian penuh dalam hal percepatan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir dan memberikan toleransi untuk mahasiswa yang terkendala dalam proses pembelajaran baik secara online maupun offline. Bapak ibu dosen juga diminta untuk membuat grup bimbingan skripsi dan memantau perkembangan mahasiswa. Selain Koordinator Prodi PBI, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan FAB Prof. Dr. Toto Suharto, M.Ag, Wakil Dekan 1 FAB Prof. Dr. KRT. H Sujito, M.Pd, serta Sekjur Bahasa Budiasih, M.Hum.

Kemudian untuk pemateri dalam workshop ini ialah Budi Kadaryanto, S.Pd, M.A yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Lampung (UNILA) dan Rahmaditya Khadifa Abdul Rozzaq Wijaya, S.Pd., M.Li dari program studi S3 Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam workshop ini bapak ibu dosen diminta untuk menginstal aplikasi NVIVO untuk menganalisis data kualitatif. Dalam menganalisis data kualitatif dibutuhkan seni tersendiri karena harus menjaga kredibilitas antara peneliti dengan narasumber serta berhubungan dengan subjektifitas. Maka dari itu dengan adanya aplikasi NVIVO diharapkan dapat mempermudah dalam penyimpulan data kualitatif. Bapak ibu dosen memperhatikan pemaparan dari pemateri dengan seksama serta cukup responsif ketika workshop berlangsung.