Wakil Dekan II FITK: Semoga Peserta Bisa Ambil Manfaat Semaksimal Mungkin dari Acara Pekan Sejarah I

Surakarta – Kerjasama dengan himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) Sejarah Peradaban Islam (SPI) dan IKAHIMSI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah se Indonesia), dosen CPNS Jurusan SPI adakan kegiatan Pekan Sejarah I (Rabu, 05/09). Kegiatan tersebut merupakan aktualisasi dari 3 dosen CPNS Jurusan SPI, yaitu Irma Ayu Kartika Dewi, M.A.,yang fokus pada wisata sejarah, Latif Kusairi, M.A.,fokus pada concept lecturer atau diskusi publiknya dan Martina Safitry, M.A., yang berfokus pada konsep kegiatan. Kegiatan yang dilaksanakan di aula lt.4 gedung ex Pascasarjana IAIN Surakarta tersebut mengangkat tema “Pentingnya Sejarah di Era Milenial”.

Kegiatan dimulai pukul 09.30 WIB tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan II FITK IAIN Surakarta, Dr.Purwanto, M.Pd. Beliau mewakili Dekan FITK yang berhalangan hadir karena ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam sambutannya senada dengan sambutan dari Ketua Jurusan SPI, Muh.Fajar Shodiq, M.Ag., yang telah memberikan sambutan terlebih dahulu, WD II FITK menyampaikan info bahwasannya jurusan SPI akan bergabung dengan fakultas baru, Fakultas Adab dan Bahasa (FAB). Fakultas FAB merupakan fakultas hasil pembelahan dari FITK. FITK rencananya akan dibelah menjadi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Fakultas Adab dan Bahasa (FAB). “Peserta semoga mampu menyerap ilmu narasumber semaksimal mungkin dari kegiatan hari ini”, katanya di depan seluruh peserta.

Menurut agenda yang telah dibuat panitia, kegiatan akbar jurusan SPI FITK ini rencananya akan diselenggarakan selama tiga hari hingga hari Jum’at tanggal 7 September 2018 nanti. Panitia pun bekerja sama dengan pencetak buku sejarah dengan mengadakan stand-stand bazar buku dan pameran kesejarahan di sepanjang selasar jalan dekat gedung Perpustakaan IAIN Surakarta. Kegiatan hari pertama yang dikonsep oleh ibu Martina dengan konsep sarasehan wisata sejarah tersebut diikuti oleh kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan SPI dan mahasiswa luar IAIN Surakarta.

Pada hari pertama sesi pertama kegiatan Pekan Sejarah I SPI FITK tersebut mendatangkan 2 narasumber secara langsung, yakni Dadan Adi Kurniawan, S.Pd, M.A., Dosen prodi sejarah UNS dan Samantha Aditya Putri, S.S., Duta Museum Yogyakarta 2017-2019 sekaligus sebagai Sekjen Ikahimsi 2013-2015. Sedangkan pada sesi kedua, panitia mengundang Adrian Perkasa, M.A. Beliau merupakan penulis buku, Dosen Departemen Ilmu Sejarah UNAIR sekaligus salah satu aktor dalam film kondang garapan Chaerul Umam ‘Ketika Cinta Bertasbih’. Sejarawan muda yang berasal dari keluarga dokter tersebut direncanakan akan melakukan diskusi buku orang-orang Tionghoa dan Islam di Majapahit.