DSC_0574

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta melalui Unit Lab school menyelenggarakan workshop Penilaian Autentik bagi Guru Madrasah dan PAI, Rabu (10/08/2016) di MI Muhammadiyah Trangsan, Sukoharjo.

Hadir dalam workshop tersebut antara lain Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III FITK IAIN Surakarta, Ketua dan anggota Unit Lab school,  dan perwakilan dari FITK IAIN Surakarta. Peserta workshop merupakan guru Madrasah dan guru PAI di wilayah Kecamatan Gatak Sukoharjo.

Dalam sambutan, Wakil Dekan I, Dr. Khuriyah, M. Pd menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kepada guru madrasah dan PAI tentang penilaian autentik sesuai dengan mata pelajarannya dalam penerapan pada kurikulum  2013 (K-13). Selanjutnya, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme guru melalui peningkatan kemampuan pengembangan penilaian autentik dalam penerapan K-13.

FITK IAIN Surakarta sebagai LPTK memiliki tanggung jawab secara keseluruhan terhadap penyelenggaraan pendidikan di madrasah sekitarnya. Wujud tanggung jawab tersebut antara lain membantu, mengkaji, memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan madrasah dan merangkulnya dalam pengembangannya; baik melalui pendampingan madrasah binaan, madrasah mitra, maupun bentuk lainnya. Terkait dengan hal tersebut, FITK IAIN Surakarta telah memiliki MoU dengan berbagai Madrasah di sekitar dan telah lama membantu dalam adaptasi dan memajukan pengetahuan penyelenggaraannya.

Dalam Workshop tersebut, FITK menghadirkan narasumber Dr. Imam Makhruf M.Pd. Narasumber merupakan istruktur nasional kurikulum 2013. Di awal pemaparan, narasumber menjelaskan bahwa penilaian autentik merupakan proses pengumpulan informasi/ bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan setelah proses pembelajaran. Imam Makhruf menjelaskan secara rinci mengenai penilaian autentik K-13 mulai dari konsep dasar penilaian, acuan penilaian, prinsip dan mekanisme penilaian sampai pengolahan hasil penilaian. Setelah sesi tanya jawab selesai, peserta workshop diminta untuk berlatih membuat pemetaan penilaian K-13 dan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran. (Rob/FITK)