Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta mempunyai keunggulan yang membedakannya dengan fakultas lainnya, yaitu integrasi pembelajaran ilmu bahasa dan budaya dengan teknologi informasi. Selaras dengan keunggulan fakultas ini, Prodi Sastra Inggris UIN Raden Mas Said Surakarta mempunyai branding, yaitu Sastra Inggris yang menjawab kebutuhan industri kreatif kebahasaan yang membutuhkan integrasi antara kebahasaan Inggris dengan teknologi informasi. Untuk memenuhi amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Penyelenggaraan Pengabdian Kepada Masyarakat, Tahun 2022 ini Sastra Inggris UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan pengabdian Kepada Masyarakat dengan fokus food and fashion (makanan dan pakaian) yang diintegrasikan dengan ilmu bahasa dan sastra. Pembuatan audio bilingual untuk para tuna netra akan sangat membantu pemasaran fashion di area Solo Raya.

Apabila sudah tersedia, aplikasi ini akan dapat diduplikasi ke beberapa tempat sehingga bisa membantu para tuna netra untuk menentukan jenis batik yang ingin mereka beli. Adanya visualiasasi dalam bentuk audio itu juga membantu para penjual maupun pelanggan untuk menentukan pilihannya secara lebih bervariasi. Oleh karena itu, dibutuhkan transadaptasi yang Ā Prodi Sastra Inggris mengirim tiga kelompok untuk pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kelompok pertama mengusung tema Mengimplementasikan Linguistik Kuliner Di Wilayah Solo Raya Untuk Membantu Penjual Makanan Menjaring Pelanggan PKM ini dilaksanakan oleh Robith Khoiril Umam, M.Hum. Kurniawan, M.Hum. Muhammad Zainal Muttaqien, M.Hum. Wildi Adila, M.A. sedangkan pelaksanaanya pada 29-31 maret 2022 sedangkan kelompok dua dilaksanakan oleh Dr.Hj. Lilik Untari, M.Hum. Dr. SF. Luthfie Arguby Purnomo, M.Hum. SF. Lukfianka Sanjaya Purnama, M.A., M.Hum. dengan mengusung tema Transadaptasi Katalog Batik Dalam Bentuk Deskripsi Audio Bilingual Bagi Tuna Netra Dan Orang Dengan Gangguan Penglihatan Kegiatan ini akan dilaksanakan di musium Batik Danarhadi yang dilaksanakan pada 29-31 Maret 2022.

Dan kelompok ketiga Menguatkan Branding Umkm Di Ngargorejo Boyolali: Sebuah Upaya Untuk Mempromosikan Dan Mengembangkan Ekonomi Lokal yang dilaksanakan oleh Yustin Sartika, M.A.  Nur Asiyah, M.A. Hidayatul Nurjanah, M.A. Shabrina An Adzhani, M.A. di ngargorejo boyolali kegiatan ini dilaksanakan 29-31 Maret 2022