TRAINING MENTOR PESANTREN MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN BAHASA

Sabtu, 29 Oktober 2022, Pesantren Mahasiswa (PESMA) Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) UIN Raden Mas Said Surakarta telah mengadakan Training Mentor. Training Mentor tersebut bertempat di Aula FAB lt. 4 UIN Raden Mas Said Surakarta. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Adab dan Bahasa, Anggota Unit PESMA,  dan Pengurus PESMA selaku panitia acara tersebut, serta para Mentor periode 2022/2023.

Kegiatan Training Mentor dimulai dari pukul 09.15 – 16.10 WIB. Acara Training Mentor diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Wanda Andreas, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Zahrani Sukma Ainun dan dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan pertama oleh Dekan yaitu Bapak Dr. Toto Suharto, S.Pd., M.Pd., sambutan kedua oleh Anggota Unit PESMA yaitu Bu Endang Rahmawati, S.Pd., M.Pd., sambutan ketiga oleh Nisrina Nabiha selaku Ketua Panitia, sambutan yang terakhir oleh Koordinator PESMA FAB yakni Aziz Rahmat Zatnika. Setelah sambutan diakhiri dengan doa bersama dengan harapan acara tersebut bisa berjalan lancar hingga akhir.

Lalu acara dilanjutkan dengan pemberian materi pertama oleh Bapak Dr. Hamdan Maghribi, M.Phil. yang berisi tentang pentingnya meluruskan niat ketika hendak melakukan segala sesuatu, dilanjutkan materi kedua oleh Ustadz Agus Suadak yang berisi tentang tata cara membaca Al-Qur’an (dasar) yang baik dan benar. Usai penyampaian materi acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada pemateri yaitu Bapak Dr. Hamdan Maghribi, M.Phil., serta moderator yaitu saudari Novia Annafi S.Pd., dan Ustadz Agus Suadak serta moderator yaitu saudara Aziz Rahmat Zatnika. Seusai penyerahan sertifikat dilajutkan dengan foto bersama pemateri dengan semua peserta dan pengurus. Selanjutnya, ada penampilan dari GAS21 sebagai hiburan untuk para peserta dalam acara tersebut.

Acara pun dilanjutkan dengan Microteaching di mana para peserta diminta untuk praktek mengajar murid (mahasiswa), peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu pembimbing tiap kelompok. Setelah microteaching, ada fun game yang dipandu oleh Ubaid Khoiri dan Fitri Puan Hayati Cahyaning Rahmah. Seusai fun game, acara ditutup dengan doa bersama.