Tingkatkan inovasi pembelajaran, FAB adakan FGD Sistem Pengelolaan E-Learning

[et_pb_section fb_built=”1″ admin_label=”Section” _builder_version=”3.22″][et_pb_row _builder_version=”3.25″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”3.25″ custom_padding=”|||” custom_padding__hover=”|||”][et_pb_text _builder_version=”4.0.11″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat”]

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan partisipasi aktif dari para mahasiswa, daya serap dari para mahasiswa atas materi yang diajarkan dosen, serta memberikan pemahaman komprehensif tentang e-learning IAIN Surakarta berbasis Moodle, Fakultas melalui Unit Manajemen Sistem Informasi menyelenggarakan FGD Pengelolaan Sistem E-Learning. Kegiatan yang dilaksanakan hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020 tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari para pejabat struktural dan perwakilan Dosen pada masing-masing program studi dan Bertempat di Adhiwangsa Hotel Solo.

Acara dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.30 dengan menghadirkan narasumber E-Learning Dr. Deny Tri Ardianto, MA yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS), Danang Catur Satrianto (Praktisi Moodle dari Al-Firdaus Surakarta), dan Agus Riyanto (PTIPD IAIN Surakarta). Acara diskusi tidak hanya dihadiri oleh para pejabat struktural FAB, namun juga ada perwakilan dosen dari masing-masing program studi.

[/et_pb_text][et_pb_gallery gallery_ids=”7251,7253,7254,7245″ gallery_orderby=”rand” show_title_and_caption=”off” show_pagination=”off” _builder_version=”4.0.11″ custom_margin=”0px||0px||false|false” border_radii=”off||||” border_width_all=”3px”][/et_pb_gallery][et_pb_text _builder_version=”4.0.11″ hover_enabled=”0″]

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan yang disampaikan oleh Rektor yang diwakilkan oleh Wakil Rektor II Dr. M.Usman, M.Ag; Dekan FAB Prof Dr Toto Suharto. Dalam sambutannya, Wakil Rektor II mengapresiasi acara tersebut dan menyampaikan bahwa Sistem e-learning sangat diperlukan apabila pandemi covid masih berkepanjangan, juga Kecakapan para dosen diperlukan untuk menunjang pembelajaran daring. Sementara itu Dekan menyampaikan bahwa Para Dosen harus memahami aktivitas yang bisa dilakukan dalam platform e-learning IAIN Surakarta karena perkuliahan semester gasal 2020/2021 segera dimulai pekan depan. Acara dilanjutkan dengan pemaparan Narasumber Dr. Deni Tri ardiyanto MA yang menyampaikan Pengenalan system pembelajaran daring berbasis LMS (Learning Management System). Server di kampus terkadang menjadi masalah untuk pembelajaran daring. Pembelajaran yang diterapkan di UNS menggunakan BLENDED LEARNING. Pembelajaran Daring adalah salah satu bagian Blended Learning (yang lainnya Pembelajaran Luring) dan Salah satu fasilitas Pembelajaran Daring menggunakan platform berbasis LMS. Dr Deny juga menyampaikan Strategi Pembelajaran di Sinkronous dan Asinkronous dalam hal ini terkait dengan Seting Pembelajaran dan Aktivitas Pembelajaran. Beberapa LMS yang sering digunakan di Indonesia antara lain Moodle, Google Classroom, Schoology, dan Edmodo. Dalam pemaparan selama kurang lebih 1 jam, Dr Deny juga menyampaikan pengalaman UNS menggunakan aplikasi SPADA Dikti. Sedangkan narasumber yang berikutnya, Agus Riyanto dari PTIPD menyampaikan penjelasan teknis terkait aktivitas yang dilakukan menggunakan e-learning IAIN Surakarta. Setelah break isoma, pemaparan dilanjutkan oleh Narasumber Danang Catur Satrianto yang menyampaikan best practices penggunaan Moodle yang dilakukan di sekolah Al-Firdaus. Beliau juga mengenalkan beberapa aplikasi terkait video editor dan beberapa tools dalam menyusun video pembelajaran.

Pada bagian akhir kegiatan tersebut, dilakukan evaluasi antara lain: Mayoritas dosen/peserta belum bisa login/masuk e learning dikarenakan harus diapprove oleh admin, penambahan 3 orang admin/operator e-learning dari bag Akademik, menunggu PTIPD mengintegrasikan makul di siakad dengan e-learning IAIN, sehingga dosen tidak perlu setor manual makul yg diampu untuk dibuatkan kelas oleh admin, mengagendakan pelatihan intensif menggunakan fitur aktivitas Di Moodle, serta yang tak kalah pentingnya adalah mengutamakan prinsip saling memahami & memaklumi dari dosen ke mahasiswa dalam proses perkuliahan. (WMM/MSI)

 

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]