Tindak lanjuti MoA, FAB adakan patok banding pengelolaan jurnal BIPA

Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa kemendikbudristek RI melakukan patok banding dengan Prodi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Adab dan Bahasa kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU yang sudah dilaksanakan antara keduanya. Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa memiliki jurnal JBIPA, banyak dosen dari Prodi Tradis Bahasa Indonesia yang menulis dalam jurnal tersebut.

            Kegiatan patok banding ini dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai dari 21-24 Desember 2021 di Kampus UIN Raden Mas Said dan beberapa tempat lain yang sesuai dengan tema acara. Dalam pembukaanya selaku kepala Prodi Dr. Siti Isnaniah. M.Pd memperkenalkan perwakilan dari BIPA kepada dekanat dan peserta yang hadir beliau juga menyampaikan bahwa ini merupakan tidak lanjut dari MoU yang sudah dilaksanakan Oleh Prodi Tadris Bahasa Indonesia.

            Kemudian sambutan selanjutnya oleh dekan fakultas Adab dan Bahasa Prof. Dr. Toto Suharto. S.Ag., M.Ag. Beliau menegaskan bahwa ini merupakan sebuah bentuk nyata dari MoU yang memang seharusnya memiliki dampak postif yang di ambil dari kedua pihak. Beliau juga berpesan kepada Kepala Prodi Tadris Bahasa Indonesia agar hasil dari Kerjasama ini bisa dijadikan nilai tambah dalam boring akreditasi. Dimana Prodi Tadris bahas Indonesia sebentar lagi akan melaksanakan reakreditasi.

Ucapan terimakasih juga beliau sampaikan kepada perwakilan Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa kemendikbudristek RI atas kepercayaan dan kesempatan melaksanakan patok banding atau Benchmarking semoga ini bisa berlanjut agar dosen di Fakultas Adab dan Bahasa bisa banyak menulis di jurnal JBIPA.

            Adapun perwakilan dari JBIPA Royan Nurfahmi beliau mengucapkan terimakasih atas sambutan yang begitu baik dan hangat menurut beliau pemilihan Kampus UIN Raden Mas Said karena banyak dosen tadris Bahasa Indonesia yang telah membantu sehingga akhirnya jurnal JBIPA bisa terbit tahun ini. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dr. Siti Isnaniah. M.Pd yang merupakan reviewer jurnal JBIPA dan menjadi pertimbangan besar pemilihan patok banding JBIPA.

            Acara yang dilaksanakan diruang rapat dekanat Fakultas Adab dan Bahasa dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi patok banding anatra keduanya.