Fakultas Adab dan Bahasa mengadakan kegiatan halal bi halal secara virtual dengan tema “Silaturahmi untuk Memperkuat Moderasi Beragama”. Acara ini di ikuti oleh seluruh jajaran dekanat dan tendik secara daring melalui zoom.
Dalam sambutannya Dekan Fakultas Adab dan Bahasa Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag. Menyampaikan pentingnya Silaturahmi. Menurutnya Silaturahmi merupakan komunikasi yang bernilai ibadah dan memiliki manfaat memperpanjang umur, murah rizki, Meskipun dalam bentuk virtual silaturami itu penting karena bisa juga membuat kita nyaman. Karena kenyamanan dalam berkerja merupakan hal yang penting dalam sebuah pekerjaan.

WhatsApp Image 2021 05 18 at 16.06.07 2
Sementara itu acara inti yang di isi oleh Ketua MUI Kabupaten Sukoharjo Drs. KH. Abd. Faishol, M.Hum menyampaikan sejarah dan keutamaan bulan Ramadan di dalam ramadhan banyak lembaga pengampunan yang Allah buka, orang yang berpuasa dan berharap rido Allah, orang yang qiamul lail orang yang beriktikaf dan orang yang mendapatkan lailatul qodar, orang yang mehatamkan Al-Quran. Semua ia akan mendapatkan ampunan. Kemudian menurutnya sebutan hari raya dengan Idul Fitri karena kita kembali suci setelah telah di ampuni oleh Allah. Hari raya disebut juga yaumul farogh hari yang di rayakan umat dan umat merasa bergembira bersama orang banyak dengan menggembirakan orang lain.

WhatsApp Image 2021 05 18 at 16.06.07Dalam hari raya juga di anjurkan oleh nabi untuk memakai pakaian yang terbaik, menggunakan parfum yang terbaik yang dia miliki, makanan yang terbaik yang bisa di beli. namun jangan lupa ada ungkapan lain yang mengatakan bahwa hari raya itu bukan yang berpakian baru tapi orang yang keimanannya bertambah. jadi menurut beliau dari dua perkataan ini harus melihat kondisi keuangan kita karena kondisi perekonomian, seperti sekarang ini yang tergolong sulit karena di tengah pandemi maka kita bisa mengambil dalil yang terakhir. ketaatan yang bertamabah meskipun ketaatan tidak ada ukurannya halal bi halal termasuk bagian kesenangan karena bertemu keliling. halal bi halal berasal halalun bi halalun merupakan tradisi kita, tradisi sowan sungkeman juga termasuk bagian halal bi halal. fitrah juga termasuk bagian menciptakan kebahagian. Acara terakhir di tutup dengan doa bersama dan di amini oleh seluruh peserta kegiatan.

Penulis: tim media

editor: akhmad khabibi