Semarak Milad TBI-5 “Ramadan bersama TBI: Membumi dalam Bahasa, Melambung dalam Sastra

Sukoharjo-(16/5) Di tengah pandemik covid-19 Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (HMPS TBI) tetap semangat mengadakan acara dalam rangka memeriahkan Milad Program Studi Tadris Bahasa Indonesia yang ke- 5. Acara tersebut merupakan acara rutinan dan program kerja wajib HMPS TBI. Acara yang bertajub Semarak Milad TBI ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 11 sampai 13 Mei 2020 dengan tema “Ramadan bersama TBI: Membumi dalam Bahasa, Melambung dalam Sastra”. Serangkaian acara yang diusung pada Semarak Milad kali ini adalah Diskusi online Sayuk Rembuk yang bertemakan “Estetika Bahasa dalam Belitan Media Di Tengah Pandemi COVID-19”,  Lomba Cipta Puisi dengan tema “Semangat Bumiku”, dan terakhir sekaligus menjadi acara puncak yaitu Khataman dan Kajian Islami online yang bertemakan “Tips Melaksanakan Ibadah Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19”.

Acara pembukan dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2020 melalui grup Whatsaap. Pada acara pembukaan tersebut di buka dengan sambutan dari ketua panitia dan pemaparan teknis acara oleh sie acara. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Lomba Cipta Puisi. Lomba ini diperuntukkan bagi mahasiswa umum, dimana panitia lomba tidak memungut biaya pendaftaran. Pendaftaran sendiri dimulai pada tanggal 11 sampai 15 Mei 2020 yang dilakukan secara online melalui aplikasi WA. Pendaftar cukup antusias mengikuti lomba ini, tercatat sejumlah 76 peserta telah mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba ini, dimana tidak hanya mahasiswa IAIN Surakarta saja namun juga dari institusi lain di Indonesia.  Selanjutnya, untuk pengiriman karya dilaksanakan pada tanggal 16 sampai 25 Mei 2020 secara online melalui google form yang disediakan oleh panitia. Selanjutnya, untuk penjurian dilaksanakan secara online pada tanggal 26 sampai 30 Mei 2020. Juri pada lomba ini merupakan Dosen Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta, yaitu: Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd., Sri Lestari, M.Pd. dan Andi Wicaksono, M.Pd. Selanjutnya, untuk pengumuman pemenang akan dilaksanakan secara online melalui Instagram @hmps.tbi_iainska  pada 31 Mei 2020.

Kemudian tanggal 12 Mei 2020 dilanjutkan kegiatan Diskusi Online Sayuk Rembuk melalui media WhatsApp grup dan siaran langsung di instagram. Kegiatan ini bertemakan “Estetika Bahasa Indonesia dalam Belitan Media di Tengah Pandemi Covid-19”. Acara ini tak hanya diikuti oleh mahasiswa IAIN Surakarta melainkan juga diikuti oleh mahasiswa umum di luar IAIN Surakarta dengan pembicara Elen Inderasari, M.Pd. selaku sekertaris prodi TBI dan dimoderatori oleh Iqbal Syahrul Akbar Al Aziz selaku ketua divisi keilmuan HMPS TBI. Acara dimulai pukul 09.00 di whatsaap grup dan siaran langsung instagram dilaksanakan pukul 09.15. Kurang lebih 220 peserta dan dosen turut berpartisipasi dalam diskusi online ini. Diskusi berjalan lancar sesuai dengan ketentuan waktu yang sudah ditetapkan oleh panitia. (ADMIN)