Sejarah Pendirian dan Status Akreditasi

Program Studi PIAUD yang dulunya dikenal dengan program studi PGRA ini baru berdiri pada tahun 2012, yaitu dengan keluarnya ijin operasional penyelenggaraan program studi PGRA nomor: 1181 Tahun 2012 tanggal 13 Agustus 2012 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Dengan demikan pada tahun akademik 2012/2013 ini baru mulai menerima mahasiswa baru untuk angkatan pertama. Pada tahun pertama ini ketua program studi belum diangkat, sehingga masih ditangani langsung oleh Ketua Jurusan Tarbiyah, yaitu Ibu Dra. Noor Alwiyah, M.Pd.

Visi    :

Menjadi Program studi yang unggul dalam membentuk lulusan yang profesional pada bidang kependidikan Raudhatul Athfal dan yang sederajat, berakidah kuat, dan berakhlak mulia.

Misi    :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkarakter ke-Islaman, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan kependidikan Raudhatul Athfal dan yang sederajat di masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu kependidikan Raudhatul Athfal dan yang sederajat
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu kependidikan Raudhatul Athfal dan yang sederajat.
  4. Menyelenggarakan dan memperluas kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan pendidikan pra sekolah.
  5. Membentuk budaya akademik yang Islami.

Tujuan     :

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional, kompetitif, berbudaya, dan berkarakter Islam yang dapat menjadi acuan secara lokal, nasional dan global.
  2. Menghasilkan temuan-temuan inovatif dalam bidang kependidikan Raudhatul Athfal dan yang sederajat.
  3. Menghasilkan layanan kependidikan Raudhatul Athfal dan yang sederajat kepada masyarakat dalam berbagai bentuk baik akademik maupun non akademik.
  4. Menghasilkan kerjasama yang mendukung peningkatan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan Raudhatul Athfal dan yang sederajat.
  5. Menghasilkan produk-produk inovatif dalam bidang kependidikan Raudhatul Athfal dan yang sederajat yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  6. Mewujudkan suasana interaksi akademik yang Islami dan berbudaya yang mendukung pembentukan karakter dan kompetensi lulusan.

Rumusan Kompetensi Lulusan

a. Kompetensi Utama

  1. Mampu menjadi guru professional pada Raudhatul Athfal dan yang sederajat.
  2. Menguasai landasan keilmuan pendidikan dan pembelajaran, keagamaan dan yuridis penyelenggaraan pendidikan pada lembaga Raudhatul Athfal dan yang sederajat.
  3. Menganalisis perkembangan anak usia dini pada berbagai dimensi sebagai dasar untuk menyesuaikan dan mengembangkan kurikulum pada anak usia dini.
  4. Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan pendekatan analisis kebutuhan anak usia dini pada berbagai kelembagaan pendidikan.
  5. Menguasai konsep dasar seni rupa, seni musik dan seni gerak yang dapat dikembangkan pada anak usia dini.
  6. Menggunakan berbagai metodologi keilmuan dalam pengembangan bidang studi secara terpadu.
  7. Mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan berbagai model sesuai karakteristik anak usia dini secara terpadu, variatif dan berkesinambungan.
  8. Mengembangkan proses pembelajaran terpadu lintas bidang pengembangan atau bidang studi pada berbagai karakteristik anak usia dini.
  9. Mengembangkan instrumen dan bentuk laporan evaluasi hasil belajar anak untuk berbagai kepentingan, khususnya akuntabilitas publik pada orang tua murid.

b. Kompetensi Pendukung

  1. Memiliki kecakapan dan keterampilan di bidang kependidikan dan kebahasaan Arab dan Inggris.
  2. Kreatif dan produktif dalam menghasilkan inovasi bidang pendidikan anak usia dini.
  3. Memiliki kemampuan membaca dan menulis huruf Al-Qur’an.
  4. Memiliki hafalan Juz ‘Amma.
  5. Memiliki pemahaman dan pengamalan ke-Islaman.
  6. Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran.
  7. Berkarakter dan berbudaya Islami.
  8. Memiliki akhlak mulia dan kecintaan terhadap profesi kependidikan.
  9. Mampu mengembangkan alat permainan edukatif.
  10. Mampu mengembangkan bahan ajar pendidikan agama Islam.
  11. Memiliki kemampuan memberikan layanan ahli dan konsultasi dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Kompetensi Lainnya

Memiliki kemampuan teoritik dan praktik dalam bidang penelitian pendidikan pada anak usia dini

 

DAFTAR DOSEN