Visi :

Menjadi Program Studi yang unggul dalam menyiapkan guru bahasa Arab yang profesional, mandiri, dan berakhlak mulia pada tahun 2019”.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan bermutu dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Arab.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Arab.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk peningkatan kualitas pendidikan bahasa Arab di madrasah dan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan lembaga pemerintah, swasta, lokal, nasional dan internasional untuk meningkatkan kapasitas lembaga dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa Arab.

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang profesional, mandiri, dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki kualifikasi: a) Profesional dalam penguasaan ilmu-ilmu bahasa Arab dan pengajarannya; b) Menguasai keterampilan dasar dalam memahami, menjelaskan dan menyelesaikan masalah-masalah yang terkait kebahasaaraban dan pengajarannya; dan c) Menguasai kemampuan metodologis tentang pengajaraan bahasa Arab secara terbuka, responsif, dan mandiri, serta menggunakannya dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab untuk memenuhi kebutuhan guru bahasa Arab di MI/SD, MTs/SMP dan MA/SMA/SMK.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang mampu mengelola lembaga bahasa Arab non formal.
  5. Menghasilkan penelitian kebahasaaraban dan pengajarannya yang bermutu, dan dipublikasikan secara nasional dan internasional sehingga menjadi rujukan bagi pengembangan keilmuan di masyarakat.
  6. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menyentuh kebutuhan dasar masyarakat terkait perkembangan keilmuan kebahasaaraban dan pengajarannya.

Sasaran :

  1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran: Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab yang unggul untuk menghasilkan lulusan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki kualitas profesionalitas dalam penguasaan ilmu-ilmu bahasa Arab dan pengajarannya; menguasai keterampilan dasar dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait kebahasaaraban dan pengajarannya; dan menguasai kemampuan metodologis pengajaraan bahasa Arab serta dapat menggunakannya dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Bidang Penelitian: Penyelenggaraan penelitian yang bermutu bagi dosen untuk meresponsi perkembangan keilmuan bahasa arab dan pengajarannya dan untuk mengupdate kemampuan akademik dosen.
  3. Bidang Pengabdian Masyarakat: Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat oleh PS sebagai bentuk kontribusi akademik bagi pengembangan masyarakat.
  4. Bidang Pengelolaan Organisasi: Peningkatan layanan mutu manajemen yang sistematis dan terorganisir.
  5. Bidang Mahasiswa dan Lulusan: Peningkatan kualitas dan produktivitas kegiatan mahasiswa serta Silaturrahmi dengan alumni
  6. Bidang SDM dan Sarana-Prasarana: Peningkatan mutu SDM dosen dan sarana-prasarana PBM untuk menciptakan peningkatan pembelajaran yang berkualitas
  7. Bidang Kerjasama: Peningkatan kerjasama kemitraan dengan lembaga-lembaga pemerintah, swasta, nasional dan internasional untuk meningkatkan kapasitas lembaga
  8. Bidang Sistem Informasi: Pembenahan dan penyempurnaan siystem informasi PS sebagai bagian integral dari fakultas dan institute

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Utama:
  1. Menguasai ilmu-ilmu bahasa Arab.
  2. Mampu berbahasa Arab; pasif dan aktif.
  3. Mampu membuat perencanaan pembelajaran Bahasa Arab
  4. Mampu mengembangkan dan menerapkan berbagai strategi/metode pembelajaran Bahasa Arab
  5. Mampu menyusun materi pembelajaran Bahasa Arab
  6. Mampu mengembangkan dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran Bahasa Arab berbasis TIK
  7. Menguasai evaluasi pembelajaran dan mampu mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaranBahasa Arab.
  8. Mampu mengajar Bahasa Arab
  9. Memiliki kemampuan menerjemahkan dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  10. Mampu melakukan penelitian dalam bidang kependidikan bahasa Arab.
  11. Mampu memanfaatkan bidang keahliannya bagi pengembangan masyarakat.
  1. Kompetensi Pendukung:
  1. Mampu mengelola lembaga pendidikan non formal Bahasa Arab
  2. Mampu mengembangkan buku ajar atau buku teks Bahasa Arab.
  3. Mampu mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis TIK.
  1. Kompetensi Lainnya:
  1. Mampu Baca dan Tulis Al-Qur’an
  2. Mampu menghafal Al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)
  3. Memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu ke-Islaman
  4. Memiliki pengetahuan tentang ilmu-ilmu kependidikan
  5. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris.