Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UIN Raden Mas Said Surakarta berupaya meningkatkan kapasitas mahasiswa lewat seminar dengan tema Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah: dari Mendeley Sampai Submit Jurnal pada Jum’at (11/03).Acara yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 4 ┬ábertempat di Aula Lantai IV Fakultas Adab dan Bahasa dengan dihadiri Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama, Dr. Siti Isnaniah,S.Pd., M.Pd., Kepala Jurusan Bahasa, Elen Inderasari,S.Pd., M.Pd., Koordinator Tadris Bahasa Indonesia,Dian Uswatun Hasanah,S.Pd., M.Pd.,dan dosen Tadris Bahasa Indonesia.

WhatsApp Image 2022 03 14 at 16.08.53 3

Seminar yang bertujuan meningkatkan semangat mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia dalam menulis karya tulis ilmiah merupakan agenda khusus yang diselenggarakan oleh Program Studi Tadris Bahasa Indonesia dengan harapan mahasiswa dapat berani mengekspresikan dirinya melalui tulisan dalam karya tulis ilmiah.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama, Dr. Siti Isnaniah,S.Pd., M.Pd., berpesan bagi mahasiswa semester 4 untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya terutama dalam menulis karya tulis ilmiah karena dapat membantu akreditasi program studi.

Dalam sambutan Kepala Jurusan Bahasa, Elen Inderasari,S.Pd., M.Pd., juga menambahkan pentingnya kesadaran menulis bagi mahasiswa sebagai sarana potensi diri sehingga ketika lulus nantinya tidak sekadar lulus tapi punya suatu karya yang dapat dibanggakan.

Dalam sambutan Koordinator Tadris Bahasa Indonesia, Dian Uswatun Hasanah,S.Pd., M.Pd., mengatakan saat ini sudah ada sekitar 100 artikel jurnal karya mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia, dengan adanya agenda pelatihan ini diharapkan ada regenerasi dari adik-adik mahasiswa semester 4 dalam penulisan artikel jurnal.

Pemateri dalam acara ini Dwi Kurniasih,S.Pd., M.Pd., memiliki pengalaman menulis puluhan artikel jurnal Nasional yang terakreditasi sampai jurnal Internasional. Beliau merupakan lulusan terbaik Tadris Bahasa Indonesia tahun 2019 dan baru saja menamatkan pendidikan pasca sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret (UNS) bulan Februari yang lalu.

WhatsApp Image 2022 03 14 at 16.15.56

Pada acara inti, pemateri menyampaikan tentang cara mengoperasikan aplikasi Mendeley dari Install di laptop sampai cara memasukkan kutipan melalui Microsoft Word. Peserta juga dimudahkan dalam menerima pemaparan pemateri karena mereka juga diminta untuk membawa laptop sehingga dapat praktik secara langsung.

WhatsApp Image 2022 03 14 at 16.08.53 WhatsApp Image 2022 03 14 at 16.08.53 2

Pemateri juga sedikit memberikan motivasi kepada mahasiswa semester 4 agar jangan minder ketika mempunyai keinginan menulis apalagi karya tulis ilmiah karena sarana prasana sudah banyak disedikan oleh media dan dosen pun juga akan senang membantu apabila mahasiswa mengalami kesulitan dalam menulis karya tulis ilmiah.

Pada penghujung acara, pemateri menambahkan bagaimana cara submit jurnal dengan mencari OJS jurnal yang dituju kemudian memasukkan karya tulis ilmiah yang sudah dibuat. Ketika hasil karya tulis ilmiah sudah dikirim maka OJS jurnal tersebut akan memprosesnya terlebih dahulu sebelum jurnal tersebut dapat diterbitkan.

Penulis : Dian Noer Widianto