Sabtu (25/02/2023) prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di kompleks Masjid Agung Surakarta. Kegiatan pengabdian kali ini fokus pada digitalisasi masnskrip dimana manuskrip merupakan jejak-jejak sejarah yang perlu dilestarikan untuk menjaga khasanah peradaban masyarakat saat itu. Manuskrip menjadi salah satu dokumen yang sangat penting untuk mempelajari keadaan masyarakat dan segala sesuatu yang berhubungan dengan konteks masyarakat pada zamannya. Terdapat banyak manuskrip di masjid Agung Surakarta seperti manuskrip Al-Qur’an, manuskrip mengenai ilmu kebahasaaraban, dan ilmu keislaman. Beberapa manuskrip bertuliskan dengan menggunakan bahasa Arab, ada juga yang menggunakan tulisan arab pegon.

pkm bsa 2

Pelestarian manuskrip melalui digitalisasi dianggap penting karena menurut pengelola masjid agung Surakarta yaitu Bp. KH. Muhammad Muhtarom banyak manuskrip yang sudah rusak karena tidak terawat dan dimakan rayap. Sebelumnya, sudah ada upaya merawat manuskrip di masjid agung, seperti pengadaan tempat khusus/wadah manuskrip dan pemberian obat anti rayap. Menurut Bp. KH Muhtarom, upaya tersebut perlu diperkuat dengan digitalisasi sehingga nantinya para peneliti maupun pembahas manuskrip tidak perlu lagi membuka manuskrip untuk melakukan kegiatan mereka. Maka Masjid Agung Surakarta bekerjasama dengan Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Raden Mas Said Surakarta untuk melakukan proses Digitalisasi.

PKM BSA 3

Kegiatan Pengabdian tersebut merupakan sosialisasi dari Tim yang sudah melakukan proses digitalisasi kurang lebih selama 6 bulan. Hasil Digitalisasi disatukan dalam link website kemudian untuk memperindah dibuatkan barcode x-banner sebagai saranamengakses data manuskrip digital dari link yang telah disediakan.

pkm bsa 4

Tim PkM BSA yang terdiri dari Dr. Abdullah Faishol, M.Hum, Dr. Abdul Ghofur, M.Ag dan Muhammad Nur Kholis, M.Pd.I menjelaskan proses digitalisasi dan proses penggunaan produk yang telah dibuat oleh tim kepada pengelaola Masjid Agung Surakarta. Dan secara resmi produk hasil pengabdian diserahkan oleh tim dari BSA UIN Raden Mas Said Surakarta terhadap pengelola Masjid Agung Surakarta (kholis).