Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) berusaha aktif melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, salah satunya adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, PBI berusaha bekerja secara professional, partisipatif dan berkelanjutan (sustainable). Profesionalisme dibutuhkan di tengah perubahan masyarakat yang terjadi sedemikian cepat akibat pesatnya kontak budaya antar warga negara dengan dinamika dan permasalahan sosial. Demikian halnya dengan partisipasi masyarakat: menjadi unsur penting bagi terwujudnya community empowerment (pemberdayaan masyarakat). Partisipasi masyarakat akan menentukan sukses atau tidaknya kegiatan pengabdian masyarakat. Selain itu, kegiatan pengabdian masyarakat harus memperhatikan kesinambungan (sustainability) program dan kepentingan masa depan. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat harus memperhitungkan pentahapan dan berkelanjutan.

Menurut penelitian Kaum muda terpelajar seringkali dihadapkan dengan tuntutan untuk dapat memulai hidup mandiri, terutama secara ekonomi. Tuntutan tersebut umumnya berasal dari keluarga dan masyarakat di sekitar mereka yang menilai bahwa proses belajar yang sudah mereka lalui di beberapa jenjang pendidikan sebelumnya sudah cukup untuk menjadi bekal kemandirian tersebut. Pada kenyataannya, banyak kesempatan yang tersedia untuk membantu mereka memenuhi tuntutan tersebut. Bagi yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, berbagai beasiswa di dalam dan luar negeri telah tersedia dengan berbagai syarat yang ditentukan. Demikian pula bagi yang ingin langsung memasuki dunia kerja, mereka dapat mencoba berbagai kesempatan kerja di sektor negeri maupun swasta, baik di dalam maupun luar negeri.

Ironisnya, kesempatan-kesempatan tersebut seringkali terkendala dengan terbatasnya kemampuan mereka berbahasa Inggris, yang di era 4.0 ini telah menjadi keharusan bagi setiap individu yang ingin mengambil peran di dunia pendidikan tinggi maupun dunia kerja. Sebagai respon dari aktivitas globalisasi di segala aspek kehidupan, keterampilan menggunakan bahasa internasional menjadi sebuah keharusan di bidang pendidikan dan bidang kerja. Oleh karena itu, tidak jarang para pengambil kebijakan di dua bidang tersebut menyeleksi calon mitranya berdasarkan sejauhmana keterampilan mereka berbahasa Iggris secara aktif. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengadakan interview berbahasa Inggris yang bukan hanya ditujukan untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan dari peserta wawancara, namun juga untuk menilai kemampuan peserta dalam berbahasa. Faktanya, seleksi wawancara berbahasa Inggris ini seringkali menjadi penyebab kegagalan seseorang dalam terjun ke dunia pendidikan tinggi dengan jalur beasiswa, ataupun ke dunia kerja. Oleh karena itulah, pelatihan dan pendampingan English for Scholarship and Job Interview ini dianggap perlu untuk dilaksanakan. Dengan pelatihan dan pendampingan ini, diharapkan anggota Komunitas Pemuda Santri Soloraya memiliki bekal dasar tentang bagaimana menjawab pertanyaan dalam wawancara Bahasa Inggris yang disyaratkan dalam seleksi beasiswa pendidikan tinggi ataupun dalam melamar pekerjaan.

Pengabdian Kepada Masyarakat Program studi Pendidikan Bahasa Inggris mengirimkan 8 kelompok berikut daftar kelompok beserta tema pengabdian :

Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Autonomous Learning Pada Masa Pandemi Dan Kurikulum 2013 Adapun narasumber dan moderator pada kegiatan ini adalah sebagai berikut:1. Budiasih, M.Hum. 2. Prof. Dr. H. Giyoto, M.Hum 3. Zainal ‘Arifin, M.Pd Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 19 Maret 2022 di Ruang Pertemuan SMATQ Abi Ummi Ampel Boyolali

Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Penggunaan Creative Learning Media Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 2 Dukuh Banyudono, Boyolali Adapun narasumber dan moderator pada kegiatan ini adalah 1. Irwan Rohardiyanto, S.S., M.Hum 2. Ika Sulistyarini, M.Pd. 3. Atin Kurniawati, M.A Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 15 Maret 2022

Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Pendampingan Pembelajaran Melalui Media Creative Tool For Young Learners Teachers Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 15 Maret 2022 yang bertempat SDN 1 Dukuh Banyudono, Boyolali. Adapun narasumber dan moderator pada kegiatan ini adalah 1. Prof. Dr.H. Sujito, M.Pd 2. Wildan Mahir Muttaqin, M.A 3. Linda Safitri, M.Pd.

Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan Dan Pelatihan Kemampuan English Public Speaking Bagi Santri Pondok Pesantren Smp Pk Bayat Klaten Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 17 Maret 2022 Yang bertempat di Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Adapun Pematerinya Dr. Yusti Arini, M.Pd. 2. Dr. Rochmat Budi Santosa, M.Pd 3. Sabariyanto, M.Pd. 4. Ikke Dewi Pratama, M.Hum

Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan Dan Pelatihan Pembelajaran Speaking Dengan Artificial Intelligence (Ai) Cake Untuk Siswa Smp Dan Sma Di Perum Griya Salaam, Rt 04/ Rw 02, Guwokajen, Sawit Adapun narasumber dan moderator pada kegiatan ini adalah 1. Dr. Hj. Woro Retnaningsih, M.Pd (ketua) 2. Nuning Wahyu Astuti, M. TESOL 3. Muhammad Husin Al Fatah, M.Pd Kegiatan ini akan dilaksanakan pada waktu dan tempat sebagai berikut 21 Maret 2022 Tempat Rumah Bapak Khasan Ubaidillah (Perum Griya Salaam, RT 04/ RW 02, Guwokajen, Sawit)

Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Pendampingan Pembelajaran Vocabulary Melalui Digital Retelling Story Dengan Model Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning For Young Learners Adapun narasumber dan moderator pada kegiatan ini adalah sebagai berikut 1. Novianni Anggraini, MPd 2. Furqon Edi Wibowo, MPd 3. Fitriana Ika Dewi, M.Hum Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 03 Maret 2022.

Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan Dan Pelatihan English For Scholarship And Job Interview Bagi Komunitas Pemuda Santri Soloraya Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Adapun narasumber dan moderator pada kegiatan ini adalah1. Fithriyah Nurul Hidayati, M. Pd 2. Nor Laili Fatmawati, M. Pd 3. Habibi Nur Hidayanto, M. Pd Adapun lokasi Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali

Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Pendampingan Pembelajaran Vocabulary Melalui Digital Retelling Story Dengan Model Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning For Young Learners Adapun narasumber dan moderator pada kegiatan ini adalah  1. Novianni Anggraini, MPd 2. Furqon Edi Wibowo, MPd 3. Fitriana Ika Dewi, M.Hum Adapun tempat pelaksanaan Di Tpa Masjid Al-Mukmin Blimbing.

Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Pendampingan Penulisan Publikasi Ilmiah Pada Guru-Guru Di Smait Nur Hidayah Sukoharjo Adapun narasumber dan moderator pada kegiatan ini adalah sebagai berikut 1. Dr. Imroatus Solikhah, M.Pd. 2. Maria Wulandari, M.Hum. 3. Nestiani Hutami, M.A. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 23 Maret 2022  di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo