Fakultas Adab dan Bahasa kembali melaksankan pelepasan wisuda untuk para alumni Fakultas Adab dan Bahasa di hotel Multazam Acra yang dilaksanakan pada (17/03/2022) dihadiri pejabat dekanat dan Rektor UIN Raden Mas Said Prof.Dr.H. Mudhofir .S.Ag.,M.Pd. dalam kegiatan ini beliau juga membuka acara pelepasan Wisuda. Beliau menyampaikan dalam sambutanya “bahwa pelepasan  memiliki arti sebuah perpisahan meskipun  sesungguhnya kita sudah berpisah secara fisik sudah lama karena pandemi”.

WhatsApp Image 2022 03 21 at 10.59.40

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa para wisudawan menginjak di usia paling terbaik dalam kehidupan manusia untuk menyongsong masa depan, meskipun dalam usia ini masa depan masih terlihat tidak pasti akan tapi hanya dengan tekad dan semangat terus berjalan terus bergrak  maka akan memperoleh masa depan yang cerah, kemduian beliau menyampaikan ucapan selamat atas kelulusan para wisudawan dan wisudawati. Beliau juga berharap mudahan-mudahan refleksi selama  proses belajar menghasilkan temuan-temuan hebat dan kematangan agar tidak mudah terombang-ambing kehilangan identitas, kehilangan arah dan terhenti maka menurunya, dia akan seperti jarum jam, satu detik jarum jam berhenti maka akan menghentikan detik-detik berikutnya. Karena kalian merupakan usia-usia yang rawan setelah lulus.

WhatsApp Image 2022 03 21 at 10.59.40 1

Kemudian Dekan Fakultas Adab dan Bahasa Prof. Dr. Toto Suharto. S.Ag., M.Ag. memberi sambutan beliau menyampaikan mengenai jumlah peserta pelepasan wisuda dan menyampaikan wisudawan terbaik serta wisudawan tahfid. Wisudawan terbaik pada wisuda kali ini adalah Fahimah.S.pd. dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, sedangkan wisudawan yang tahfidz Qur’an 14 Juz adalah Fatim Umamah.S.hum. dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab.

Peserta pelepasan wisuda ke-49 ini terdiri dari 100 perempuan dan 26 laki-laki. Adapun prosesi pelepasan dilakukan oleh koordinator program setudi masing-masing. namun untuk mahasiswa terbaik di tiap prodi di lepas dan di berikan piagam penghargaan yang di serahkan langsung oleh Prof. Dr. Toto Suharto. S.Ag., M.Ag. Selaku dekan fakultas.

Perwakilan wisudawan terbaik menyampaikan pidato mengenai ajakan untuk menuntut ilmu setelah menyelesaiakan pendidikan di UIN Raden Mas Said, kemudian mengajak untuk selalu membawa nama baik kampus UIN Raden Mas Said Surakarta.

Acara pelepasan ini juga diramikan oleh nasid dari para alumni dan persembahan tari oleh mahasiswa fakultas Adab dan Bahasa

Di akhir sesi dilakukan penyerahan alumni dari dekan fakultas Adab dan Bahasa kepada ketua alumni fakultas Adab dan Bahasa Danang Catur.S.Pd.