Pelepasan Wisuda 2021 Cerdas Berliterasi, Santun Bermoderasi

Sukoharjo, 22 November 2021. Pelepasan wisuda fakultas Adab dan Bahasa acara ini dilaksanakan di aula multazam Ucapan selamat kepada para wisudawan yang sudah menempuh proses Pendidikan di fakultas Adab dan Bahasa. Hari ini merupakan anugrah bagi kita semua patut kita syukuri disini kalian duduk sebagai calon wisudawan.

Lebih lanjut beliau menyampaikan beberapa hal sesuai dengan tema yang di ambil yaitu Cerdas Berliterasi, Santun Bermoderasi. Cerdas berliterasi yang di canangkan pemerintah ternyata sudah di rencanakan dan dilaksankan oleh Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta, menurutnya kita yang hidup di Era Industry 4.0 kemampuan berliterasi itu sebuah tuntutan tetapi bagaimana Ketika kita sudah mengusai kemampuan itu maka di tutut untuk cerdas. Karena saat ini literasi khususnya media sosial adalah bentuk komunikasi dan interaksi manusia.  Beliau berpesan agar para alumni nanti cerdas dalam berliterasi agar tidak ketinggalan zaman. Beliau juga menyampaikan salam kepada orang tua di rumah.

Pelepas wisudawan wisudawati di ikuti oleh 202 mahasiswa yang terdiri dari  Bahasa Sastra Arab 10 Pendidikan Bahasa Inggris 92 Sastra Inggris 43 Sejarah Peradan Islam 11 Tadris Bahasa Indonesia 46.

Acara ini di buka oleh Wakil Rektor II Dr. M. Usman, S.Ag.,M.Ag dalam pembukaanya beliau menyampaikan tingkat pendidkan yang kalian tempuh akan mempengaruhi kemajuan Negara dan Agama,semakin tinggi Pendidikan umat islam akan berefeek pada nilai budaya yang tentunya akan bisa memajukan umat Islam secara keseluruhan. Beliau meminta untuk melanjutkan Pendidikan jangan berhenti hanya samapai disini. Tetapi bagi yang tidak mempunyai kemapuan baik secara waktu maupun ekonomi belau mendoaakan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan kalian maupun orang tua.

Acara prosesi pelepasan dilakukan oleh ketua program setudi masing-masing. namun untuk mahasiswa terbaik di tiap prodi di lepas dan di berikan piagam penghargaan yang di serahkan langsung oleh Prof. Dr. Toto Suharto. S.Ag., M.Ag. Selaku dekan fakultas.

Mahasiswa terbaik yaitu Hindun 173211036, Esthi Kusum Wati 173221045, Arina Mana Sikana 173241022, Mohommad Anas Rulloh 173241022, Rina Marsidyani Khasanah 17323106.

Kemudian ada perwakilan mahasiswa yang menyampaikan pidato. Lulusan terbaik di fakultas dan institute Hindun mahsiswa asal madura menyampaikan ucapan terimakasih dan permohanan maaf selama manjalani Pendidikan di Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta. Selain itu hindun juga menyampaikan mengenai perjalanan Pendidikan dan optimisme. Menurutnya Pendidikan adalah salah satu konsep media olah diri terbesar yang bertujuan mencerdaskan bangsa, mengikis keterbelakangan intelektual dan pencemaran pola pikir.

Sedangkan optimisme atau percaya diri akan membantu kita bangkit dari keputusasaan dan pikiran negatif seperti optimisme yang didefinisikan oleh Lopez dan Snyder sebagai suatu harapan yang ada pada individu bahwa sesuatu akan berjalan menuju arah kebaikan. Selain itu hindun juga membacakan puisi yang berjudul Ahlak diatas Ilmu.

Acara pelepasan ini juga diramikan oleh nasid dari para alumni dan persembahan tari oleh mahasiswa fakultas Adab dan Bahasa

Di akhir sesi dilakukan penyerahan alumni dari dekan fakultas Adab dan Bahasa kepada ketua alumni fakultas Adab dan Bahasa Danang Catur.S.Pd.