Meningkatkan Kualitas Menulis Ilmiah Guru-Guru di Surakarta Bersama Prodi TBI

Jumat, 24 Februari 2023, kelompok 1 Pengabdian kepada Masyarakat Tadris Bahasa Indonesia yang beranggotakan Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. (ketua tim), Dian Uswatun Hasanah, M.Pd. dan Endang Rahmawati, M.Pd. (anggota tim), melaksanakan kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Masyarakat Surakarta di Aula MAN 2 Surakarta. Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Bapak Ibu guru MAN 2 Surakarta.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan, sambutan pertama dari Hj. Sita Kurniasari, M. Si. selaku Wakil Kepala Madrasah bidang penjamin mutu. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa MAN 2 Surakarta mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Prodi Tadris Bahasa Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan selanjutnya adalah sambutan sekaligus pengantar materi yang disampaikan oleh Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. Setelah itu dilanjut dengan acara inti yang bertema “Pengembangan Ide Melalui Proses Kreatif Menulis Artikel Jurnal” yang disampaikan oleh Dian Uswatun Hasanah, M.Pd. Kegiatan selanjutnya adalah bedah karya yang telah dibuat oleh para peserta, bedah karya ini dipimpin oleh Endang Rahmawati M.Pd. Jadi, dua minggu sebelumnya, peserta sudah diminta untuk menyusun draf artikel ilmiah. Memasuki sesi tanya jawab, para peserta diberi waktu untuk bertanya. Penanya terpilih berhak mendapatkan hadiah lawang berupa edisi cetak Jurnal Tabasa.

Output dari kegiatan ini adalah artikel jurnal pengabdian kepada masyarakat dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal terakreditasi nasional. Harapan ke depan dengan adanya kegiatan tersebut, dapat memberi wawasan baru peserta tentang penulisan karya tulis ilmiah sehingga mampu dipraktikkan dalam bentuk pembuatan karya tulis ilmiah, khususnya artikel jurnal. Pada era ini, memang penting untuk para guru dapat menulis karya ilmiah dengan baik dan benar untuk menunjang kenaikan pangkat maupun guru berprestasi, dan mampu mengenalkan MAN 2 Surakarta melalui tulisan atau karya dengan bermodal ilmu yang sudah didapat melalui kegiatan ini. (Muhafid Ayub Indhitaftiyan)