Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2018 menggelar agenda pelatihan table manner bertajuk “Elegant Yourself, Eat Like a Royal” yang bertempat di The Alana Hotel & Convention Center – Solo. Acara ini terbagi menjadi dua periode, periode pertama dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Desember 2019 yang diikuti sebanyak 144 mahasiswa sedangkan periode kedua diselenggarakan pada hari Jumat, 20 Desember  2019 dengan 149 mahasiswa. Program table manner telah menjadi agenda tahunan mahasiswa PBI sebagai salah satu sub materi dalam mata kuliah Cross Cultural Understanding yang diampu oleh Mr. Wildan Mahir Muttaqin, M.A. TESL. dan Mrs. Fitri Ana Ika Dewi, M.Hum.

Table Manner sangat penting bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris sebagai wawasan etika makan saat menghadiri jamuan makan di acara formal. Daniel Sihar sebagai Manager Food and Beverage di The Alana Hotel mengatakan bahwa cara makan seseorang akan menunjukkan siapa dirinya. Maka dari itu, mahasiswa perlu belajar tentang etiket mulai dari kedatangan hingga meninggalkan jamuan makan.

WWhatsApp Image 2019 12 31 at 00.30.39

Pelatihan table manner tidak hanya sekadar belajar tata cara makan, tetapi mahasiswa PBI juga mendapatkan fasilitas layanan hotel tour. Pihak hotel membagi mahasiswa PBI menjadi beberapa kelompok dengan LO masing-masing yang mendampingi mereka mengelilingi hotel dan menjelaskan secara detail beberapa ruang di hotel tersebut. Beberapa kamar yang ditunjukkan di antaranya ialah President Suite Room, Junior Suite Room, Deluxe Family Room, Deluxe Room, dan Superior Room. Dalam hotel tour, mahasiswa PBI juga belajar tentang bad making. Terlihat mahasiswa PBI sangat antusias dalam belajar di The Alana Hotel ini.

WhatsApp Image 2019 12 31 at 00.30.40

Belajar mengenai table manner, terdapat 4 menu yang akan dihidangkan meliputi Appetizer, Soup, Maincourse, dan Dessert. Menu Tropical Fruit with Orange Dressing disajikan sebagai makanan pembuka atau disebut sebagai appetizer. Kemudian dilanjutkan menu kedua yaitu creamy pumpkin soup with almodine. Menu Charcoal Grilled Chicken with Mushroom Rosemary Gravy sebagai maincourse, lalu Choco Cake dihidangkan sebagai dessert atau yang disebut sebagai makanan penutup. Tak lupa juga untuk minuman teh dan kopi di akhir penyajian.

WhatsApp Image 2019 12 26 at 09.56.11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daniel –Manager Food and Beverage- kembali menegaskan tentang pentingnya table manner kepada mahasiswa PBI bahwa sejatinya fungsi makan dalam sebuah perjamuan international bukan untuk mengenyangkan perut melainkan untuk menjalin relasi. Jadi, sebagai mahasiswa yang kelak akan mengikuti berbagai acara formal, perlu memahami cara duduk, berbicara, penggunaan serbet makan, cara minum dan penggunaan alat makan yang baik dan benar.

Dengan adanya kegiatan pelatihan table manner ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2018 tentang etika makan. Terlebih lagi jika mereka diundang dalam perjamuan internasional, mereka dapat mempraktekkannya dengan benar. (Red)

WhatsApp Image 2019 12 26 at 09.56.13

WWhatsApp Image 2019 12 31 at 00.30.39