Tantangan dan perubahan zaman memaksa untuk melakukan inovasi agar tidak tertinggal, begitu juga dalam dunia pendidikan, adanya merdeka belajar kampus merdeka menutut perubahan dari berbagai hal. Merespon hal itu fakultas Adab dan Bahasa mengadakan lokakarya kampus merdeka kegiatan ini bertujuan agar dosen yang di fakultas Adab dan Bahasa mengetahui secara komprehensif bagaimana kurikulum kampus merdeka, hal apa saja yang perlu dipersiapkan, Langkah yang harus di penuhi agar kurikulum ini bisa diterapkan.

Acara Lokakarya kampus merdeka di buka oleh wakil rektor Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. dalam sambutanya beliau menyampaikan tentang penilaian akreditasi dalam borang 9, dimana kegiatan ini termasuk dalam salah satu persiapan penilaian 9.

Adapun pemateri dalam acara lokakarya kampus merdeka di isi oleh Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D beliau menjelaskan mengenai persiapan yang harus dilakukan untuk melaksankan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, matakuliah konversi dalam MBKM. Kemudian beliau menjelaskan secara detail mengenai teknis yang berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan MBKM.

Acara yang berlangsung di Hotel Megaland dihadiri pemateri kedua Dr. Listiyono Santoso, S.S., M. Hum. Menjelaskan mengenai praktik yang beliau sudah terapkan mengenai MBKM, bagaimana respon dosen Ketika ada murid yang melaksanakan MBKM kemudian mengkonversi kedalam SKS perkuliahnya. Capaian Pembelajaran (CPL) dari masing kegiatan atau mata kuliah yang bisa dikonversi, sehingga kaprodi dapat menyesuaikan CPL dari masing-masing aktivitas atau mata kuliah yang terkonversi dengan program kampus merdeka. Selian itu lebih lanjut beliau menyampaikan permaslahan yang bisa saja dihadapi mahasiswa Ketika magang yaitu mengenai uang pangkal magang.

Acara yang dimulai pukul 9 pagi kemudian ditutup pukul 15.00 setelah diakan sesi tanya jawab.