Leadership Training Untuk Mahasiswa FITK

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang alur administrasi birokrasi di lingkungan  IAIN Surakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mengadakan PELATIHAN “LEADERSHIP TRAINING LEMBAGA KEMAHASISWAAN

2014”, selama  2 hari pada tanggal 30- 31 Desember 2014, di lakukan di dua lokasi dengan materi yang berbeda-beda. Yang diikuti elemen Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FIKT meliputi : BEM Fakultas,  BEM HMJ, P3KMI, Unit Pers Pendawa, dan UKM lain yang berada  di FITK dengan peserta 100 mahasiswa.

Kegiatan ini merupakan dalam rangka peningkatan pemahaman dan alur administrasi serta semangat dalam kepemimpinan kegiatan kemahasiswaan di bawah koordinasi Wakil Dekan III FITK IAIN Surakarta ibu Hj. Siti Choiriyah, M.Ag.

Pada hari pertama di Gedung Graha IAIN Surakarta, dalam sambutan Rektor Dr. H. Imam Sukardi, M.Ag, menyampaikan pesan : “Pelatihan ini diharapkan dapat membekali hidup di masa mendatang, memahami bagaimana melakukan pengelolaan organisasi dengan baik. Para trainer diharapkan mampu membangun softskills dan hardskills mahasiswa sebagai pengelola lembaga kemahasiswaan.”

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Dekan FITK Dr. H. Giyoto, M.Hum, menyampaikan pesan : pelatihan dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam menyusun program kegiatan mahasiswa secara terukur, dan tidak sekedar program tanpa kegiatan yang terealisasi

Kemudian dilanjutkan dihari pertama materi AMT Kepemimpinan, FITK bekerjasama dengan Team Surya Mentari, dalam sesi ini penguatan pada motivasi dalam kepemimpinan. Dalam materi itu Surya mentari menyampaikan bahwa :

“Seoarang Leader harus mau dan mampu mengambil kesempatan yang besar atas kesempatan yang ada dalam rangka menghadirkan kemaslahatan bagi bawahannya. Memilih seorang leader tidak hanya segar luarnya tetapi memiliki pemikiran yang visioner.

Leadership: seni membangun sesuatu menjadi sesuatu untuk kepentingan bersama-sama agar lebih maju, sukses, dan harus dipimpin oleh seorang leader yang memiliki keyakinan saat harus memutuskan “yes or no”.

Menjadi seorang leader harus berani menghilangkan self-blocking (keragu-raguan, ketakutan, ketidakyakinan, ketidakmampuan).

How to be a high leadeship before you are deciding “yes or no” about crucial matters.a) Memiliki keyakinan, b) Memahami peluang, c) Memahami konsep keorganisasian yakni visi dan misi, d) Mampu menata tugas bawahan/ elevator, e) People developer, f) Team builder, g) motivation stimulator.

Kemudian dilanjutkan pada hari kedua Tanggal 31 Desember 2014 : Pembicara Wakil Dekan  IIFITK Dr. Muhammad Munadi, M.Pd dengan Wakil Rektor II IAIN Surakarta, Rahmawan Arifin, M.Si. hari kedua ini menguraikan tentang keadministrasian dan birokrasi di FITK IAIN Surakarta, Tentang kode-kode nomor surat, pembuatan proposal dan Laporan Kegiatan. Hal ini dilakukan supaya dalam pelaporan pada kegiatan sesuai dengan aturan keadministrasian yang berada dalam PTAIN di bawah Kementerian Agama.