GRAND FINAL DUTA ENGLISH 2023

Himpunan Mahasisawa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris atau yang dikenal dengan HMPS EDSA Fakultas Adab dan Bahasa telah menyelenggarakan pemilihan duta english pada hari Selasa tanggal 14 Maret 2023 secara offline. Acara ini digelar di Aula FAB lt.4 yang dihadiri dari beberapa delegasi ormawa yang berjumlah 6 ormawa, meliputi delegasi dari Sema, Dema, HMPS SPI, HMPS SI, HMPS BSA, HMPS TBI, dan diikuti beberapa mahasiswa pendukung dari calon duta english. HMPS EDSA telah memilih 4 peserta yang berhasil lolos menuju babak final di antaranya adalah Nabila Qisma Aurum, Comsanul Huda, Frida Amora, dan Muhammad Rofi’ Wahyu Kurniawan. Acara ini juga dihadiri oleh koorprodi Bpk. Wildan Mahir Muttaqin, M.A., TESL. serta sekretaris jurusan Ibu Dr. Budiasih S.Pd., M. Hum. sebagai dewan juri.

            Acara Duta English dimulai pada pukul 08.30-12.00 WIB. Sebelum acara inti dimulai, ketua panitia yaitu Septi Kartika Putri memberikan sambutan, selanjutnya sambutan dari ketua umum HMPS EDSA yakni Risa Aisjah Rachman. Kemudian sambutan terakhir dari koorprodi bpk Wildan Mahir Muttaqin M.A.,TESL sekaligus membuka acara tersebut.

            Kemudian pada acara inti terdapat tiga sesi. Sesi pertama adalah sesi tanya jawab dari dewan juri. Teknis dari sesi ini juri memberikan pertanyaan yang telah disiapkan oleh panitia acara kemudian pertanyaan tersebut dijawab secara urut oleh calon duta english. Sesi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana wawasan para calon duta english dan sekaligus menguji kelancaran berbicara dalam berbahasa inggris. Selanjutnya adalah sesi perebutan jawaban, yaitu siapa yang lebih dahulu mengangkat tangan maka dia berhak untuk menjawab pertanyaan terlebih dahulu. Sesi selanjutnya adalah sesi penampilan minat dan bakat. Teknis dari sesi ini yaitu para calon duta english menunjukkan bakat mereka masing-masing. Sesi ini berguna untuk mengetahui bakat-bakat hebat yang dimiliki oleh para calon duta english. Setelah semua sesi selesai, para juri melakukan penilaian untuk menentukan siapakah yang akan menjadi Duta English kedepannya.

            Acara ini diitutup dengan pengumuman pemenang king and Queen. Sebelum ditentukannya king dan queen duta english terlebih dahulu panitia mengumumkan skor penilaian yang diperoleh dari masing-masing calon duta. Acara ini dimenangkan oleh Comsanul Huda sebagai king dan Frida Amora sebagai queen. Kemudian penyerahan sertifikat oleh dewan juri dan ditutup dengan sesi foto bersama

            Acara ini diharapkan agar kedepannya para duta english ini bisa digunakan sebagai branding prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan juga digunakan sebagai jembatan dalam memperkenalkan prodi Pendidikan Bahasa Inggris kepada khalayak umum dan juga kepada calon mahasiswa. (Dewi Farida Yuliana)

#hmpstbi