Pada hari Selasa, 21 Februari 2023, Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta menerima kunjungan silaturahmi dengan tema Studi Literasi dari Pondok Pesantren Darul Amanah, Kendal. Pada kunjungan kali ini, pihak tamu tidak hanya menghadirkan pimpinan saja, tetapi juga ratusan santriwati pondok tersebut. Sementara itu, dari pihak tuan rumah diwakili oleh Jajaran Dekanat serta enam program studi di bawah fakultas, masing-masing Prodi Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, Tadris Bahasa Inggris, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam.

kunujungan Ke Fakultas Adab dan Bahasa UIN RAden mas Said pp darul amanah 3 2

Fakultas Adab dan Bahasa di percaya Pondok Pesantren Darul Amanah, Kendal sebagai contoh untuk melakukan studi literasi bagi santrinya, adapun santri yang melaksanakan studi literasi ini bukan santri biasa tetapi santri yang tergabung dalam Komunitas Ilmiah dan Sastra Santri Darul Amanah (KISSDA) Komunitas ini merupakan komunitas untuk para santri yang ahli dan suka dalam bidang tulis menulis karya sastra maupun karya ilmiah seperti puisi, pantun, cerpen, cerpan, novel, drama, teater, jurnalistik, sejarah, budaya lain sebagainya.

Menurut Hasan, S.Pd dari Pondok Pesantren Darul Amanah menyampaikan bahwa Pondok Pesantren Darul Amanah mempunyai 3 strategi dalam mengembangkan pesantren salah satunya yaitu melalui memperkuat jaringan.

“Ada 3 Strategi Pondok Pesantren Darul Amanah dalam memgembangkan pesantren yaitu peningkatan sumber daya manusia, peningkatan pergedungan, dan peningkatan jaringan”, Terangnya.

“Perjanjian kerjasama ini penting karena untuk memperluas jaringan, karena dengan kerjasama ini kedua belah pihak bisa saling sinergi dan mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang pendidikan melalui pengabdian masyarakat dan lainya.” Tambahnya. 

Wakil Dekan Fakultas Adab dan Bahasa Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. menyampaikan dalam sambutanya bahwa Fakultas Adab dan Bahasa merupakan fakultas yang sesuai untuk melanjutkan bakat dari dan potensi dari para santri yang masuk dalam komunitas Ilmiah dan Sastra, ada beberapa pilihan program studi yang bisa dipilih diantaranya Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Arab, Tadris Bahasa Indonesia dan Sejarah Peradaban Islam.

Kemudian acara dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama antara Pondok Pesantren Darul Amanah dengan Program Studi yang ada di Fakultas Adab dan Bahasa. serta presentasi dan tanya jawab mengenai prodi- prodi yang ada di Fakultas Adab dan Bahasa.