Surakarta – Dalam rangka pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PkM), Dosen Bahasa dan Sastra Arab (BSA) FITK lakukan pendampingan pembuatan video dan buku profil berbahasa Arab bagi pengurus dan asatidz di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam (PPTI) Surakarta. Kegiatan yang berkaitan dengan Standart 6 Borang Akreditasi tersebut di laksanakan pada tanggal 17 Mei 2018 lalu.¬†Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Hj. Khoiriyah, M.Ag tersebut beranggotakan 3 orang yang terdiri dari Dr. H. Sofwan Anwar AR. MA., Abd. Faishol, M.Hum dan H. Abdu Ghofur, M.Ag.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 orang tersebut, dimulai dari registrasi pukul 07.00 WIB oleh tim PkM BSA FITK kemudian pembukaan dan sambutan dari tim PkM BSA. Dilanjutkan sambutan dari perwakilan PPTI, Ust. Triagus, M.P.I., Wakil Direktur Ma’had Aly Ta’mirul Islam. Pukul 08.00 WIB s/d 12.00 WIB dilakukan pengarahan dan presentasi dari tim PkM BSA FITK secara interaktif. Pukul 13.00 WIB s/d 16.00 WIB tim PkM BSA FITK berdiskusi tentang tema dengan peserta.

Dalam acara tersebut, anggota kelompok PkM BSA FITK ini menjelaskan tentang video profil bukan hanya sekedar video dokumentasi tetapi harus ada riset dan data. Selain itu penyajian video profil menurut mereka haruslah disajikan secara maksimal. Konsep dan skenario serta tips pengambilan gambar merupakan fokus pembahasan materi yang disampaikan. Diakhir penyampaian materi, kelompok PkM ini juga menyarankan untuk memperbanyak referensi dari tv-tv timur tengah (al jazeera) dalam melakukan alih bahasa sebagai finalisasi pembuatan video dan buku profil berbahasa arab.