DEMA FAB AKTIF DALAM PERINGATAN HARI PERSAUDARAAN MANUSIA INTERNASIONAL DI UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA

Peringatan hari besar internasional, hari Persaudaraan Internasional. UIN Raden Mas Said Surakarta merayakan hari baik ini dengan menggelar acara yang megah yaitu Seminar Hari Persaudaraan Manusia Internasional yang mengusung tema “Dokumen Abu Dhabi untuk Perdamaian Dunia dan Koeksistensi”.

Seminar di laksanakan di Gedung Graha UIN Raden Mas Said Surakarta, tepat pada hari Kamis, tanggal 2 Februari 2023. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB. Seminar ini ditujukan kepada seluruh elemen dalam naungan UIN Raden Mas Said Surakarta untuk memperingati Hari Persaudaraan Manusia Internasional dengan penanaman pemahaman persaudaraan dari berbagai sudut pandang agama.

Seminar yang diikuti oleh jajaran rektorat, elemen sosial kemasyarakatan se-Solo raya, mahasiswa, dan juga pengurus organisasi mahasiswa Fakultas Adab dan Bahasa. Baik dari DEMA, SEMA, dan HMPS mengikuti  perhelatan yang megah ini. Kapasitas Gedung Graha yang cukup besar terpenuhi sudah, tayangan layar yang cukup megah disajikan disana, demikian juga seminar ini ditayangkan dalam live Instagram @uin.rmsaid.

Rangkaian sambutan pun disampaikan dari beberapa pihak, yaitu Prof. Dr. Mudhofir Abdullah, S. Ag. M. Pd. selaku rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Romo Agustinus Heri Wibowo, Pr. SH. Selaku Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan KWI. Dr. H. Mukhlis Hanafi, M.A. selaku Direktur Eksekutif Majelis Hukama Muslimin Indonesia.

Selepas sambutan, tampilan tari topeng Ireng dari UKM Sentra UIN Raden Mas Said Surakarta yang sangat memukau. Rangkaian acara yang berikutnya adalah kolaborasi dalam pandangan dan pemikiran dari tokoh agama dalam memaknai dan mengupayakan adanya persaudaraan umat manusia.

Sekian penyampaian materi dalam nilai persaudaraan baik dari makna persaudaraan sendiri, sosial kemanusiaan, konstitusi dan dari sudut pandang yang lebih detail lagi. Tak cukup terhenti dalam pembahasan di atas panggung, dilanjut dengan penandatanganan piagam persaudaraan manusia. Tak lupa penyerahan kenang-kenangan kepada tokoh agama.

Di akhir sesi yang dipimpin oleh Prof. Dr. Mudhofir Abdullah, S. Ag. M. Pd. selaku rektor UIN Raden Mas Said Surakarta untuk melantangkan 3 komitmen dalam persaudaraan dan ditirukan oleh semua peserta seminar.

Akhir kata dari moderator yaitu Dr. Zainul Abbas dalam penuturan simpulan yang didapatnya bahwa “Nilai-nilai sosial kemanusiaan meliputi banyak hal, salah satunya dalam bentuk persaudaraan antar umat beragama, merawat kerukunan untuk kemaslahatan”.