Sukoharjo (23/3/2022)Fakultas Adab dan Bahasa menyelenggarkan workshop penulisan dan pengiriman naskah ke jurnal ilmiah bagi mahasiswa, Workshop yang dilaksanakan di lantai 4 gedung Fakultas Adab dan Bahasa menghadirkan nara sumber Dr.Muhammad Rohmadi, M.Hum. Peserta yang hadir dalam kegiatannya tersebut mencapai 25 peserta. Sasaran dari workshop ini adalah mahasiswa yang belum pernah menulis di media massa.

WhatsApp Image 2022 04 18 at 13.19.00 1

Tujuan diadakan workshop penulisan ini untuk memberikan informasi mengenai langkah-langkah dalam menulis artikel pada jurnal. Selain itu juga untuk memberikan pedoman dalam tata cara penulisan artikel pada jurnal yang baik dan benar. Dan juga bisa memberikan kiat-kiat dalam menulis artikel pada jurnal.

WhatsApp Image 2022 04 18 at 13.19.00 3

Wakil Dekan III Fakultas Adab dan Bahasa Dr.Siti Isnaniah.S.Pd., M.Pd. membuka acara workshop penulisan ini dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa “penyelenggaraan workshop penulisan jurnal ini adalah untuk memberikan informasi mengenai langkah-langkah dalam menulis artikel pada jurnal. Selain itu juga untuk memberikan pedoman dalam tata cara penulisan artikel pada jurnal yang baik dan benar. Dan juga bisa memberikan kiat-kiat dalam menulis artikel pada jurnal.”

 

Beliau juga berharap kepada peserta Bukan sekedar hanya mengikuti kegiatan penelitian saja, tetapi mampu menuangkan karya-karya tersebut dalam bentuk tulisan yang terpublikasi melalui media-media jurnal yang ada. Fakultas Adab dan Bahasa sendiri memiliki 6 jurnal yang sudah Sinta.

WhatsApp Image 2022 04 18 at 13.19.00

Dr.Muhammad Rohmadi, M.Hum. selaku pemateri strategi menulis publikasi ilmiah buku, artikel, jurnal nasional dan bereputasi internasional, selain itu beliau juga mengajak untuk berliterasi dengan sekema menulis, membaca, aktif, kreatif, inovatif. Beliau juga menyampaikan mengenai 4C kunci berinovasi bagi mahasiswa yaitu  Creativity, Communication, Collaboration , Critical  Thinking kemdudian menyampaikan mengenai integrasi antara dosen dengan mahasiswa agar bisa melakukan kolaborasi peneletian

Beliau juga memotivasi mahasiswa  untuk meluruskan niat , fokus, semangat, sabar untuk membangun membangun keabadian dengan menulis dan berbagi tulisan. Menurut beliau menulis merupkan sebuah kegiatan membangun keabadian.

Acara di tutup dengan pengumpulan hasil pembuatan kerangka penelitian setiap mahasiswa yang mengikuti workshop.